Stres dan Lelah Ngurus Anak, Tak Perlu Takut Ini Solusinya

- 16 Desember 2020, 15:07 WIB
Ilustrasi ibu stres.
Ilustrasi ibu stres. /Pexels/Andrea Piacquadio/

PRIANGANTIMUR NEWS - Pandemi Covid-19 membuat ibu rumah tangga stres dan lelah karena terlalu banyak di rumah untuk mengurus anak dan urusan rumah tangga lainnya.

Rasa stres dan lelah wajar dirasakan oleh ibu rumah tangga. Apalagi jika anaknya rewel dan susah diatur.

Namun sebenarnya apa yang dinamakan stres dan lelah atau istilah parental burnout. Bedanya apa stress dan depresi?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Yang Mempercepat Penuaan

Putu Andani, M.Psi., psikolog dari Tiga Generasi sebagaimana dirangkum priangantimur news dari antara mengatakan para ibu memiliki risiko yang tinggi terhadap masalah stres, parental burnout dan depresi. Masalah kesehatan mental kini pun dapat memberikan dampak yang buruk pada anak dan keluarga.

Untuk membedakan antara stres, burnout dan depresi, Putu membaginya ke dalam tingkatan tertentu. Menurut Putu, stres berada di level pertama, burnout pada urutan kedua dan yang paling berbahaya depresi atau peringkat tiga.

"Tapi ini titik yang lumayan kritis, kalau kita bisa meregulasinya dengan baik, maka akan membuat kita lebih kuat. Cara membedakannya gimana? Kalau stres itu lebih singkat waktunya, cepat banget kita bangkitnya kalau burnout ini kelelahan yang luar biasa secara mental," ujar Putu dalam diskusi "Tips Para Ibu Hadapi Tantangan 2021", Rabu.

Baca Juga: 3 Alasan Laptop Suka Mati Sendiri, Acer Berikan Penyebabnya

Putu mengatakan dampak dari parental burnout adalah timbulnya jarak dengan anak. Seorang ibu akan merasa bahwa mengurus anak merupakan sebuah pekerjaan yang tidak lagi membutuhkan kedekatan emosional.

"Karena kita sebenarnya penginnya off tapi enggak bisa break, akhirnya kita ke anak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya aja bukan kebutuhan emosionalnya," ujar Putu.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x