Cara Cermat Memilih Jalur Masuk PTN Favorite, Cek Kuota di Sini

- 4 Januari 2021, 12:41 WIB
SNMPTN 2021.*
SNMPTN 2021.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT/

PRIANGANTIMUR NEWS- Bagi siswa SMA kelas 12 siap siap untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi. Untuk masuk perguruan tinggi ada tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN-UTBK, dan Mandiri.

Namun untuk masuk harus bisa dengan cermat memilih jalur. Sebab jika salah, bisa-bisa tidak akan lulus meski memiliki nilai yang bagus.

Satu hal yang wajib dicermati siswa adalah mengenai kuota tiap jalur. Ini penting untuk menentukan strategi belajar dalam menghadapi ketatnya seleksi masuk perguruan tinggi.

Baca Juga: Ronaldo Menjadi Kunci Kemenangan Juventus Atas Udinese 4-1

Kuota SNMPTN minimum 20 persen. Jalur ini berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. Biaya seleksi ini sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

Seperti dikutip priangantimur news dari beritadiy, kuota SBMPTN-UTBK minimum 40 persen. Jalur ini berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain (yang ditetapkan bersama oleh PTN). Seperti tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan tes menggunakan komputer. Biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi Pemerintah.

Kuota Mandiri maksimum 30 persen. Jalur ini dapat menggunakan hasil UTBK.

Baca Juga: Alat Make-up Bisa Jadi Persinggahan Bakteri, Begini Tips Cara Membersihkannya

Teruntuk PTN berbadan hukum jalur SBMPTN minimum 30 persen. dan seleksi mandiri maksimum 50 persen.

Sedangkan untuk mengetahui kuota yang diberikan kepada setiap sekolah dapat dilihat melalui laman ltmpt.ac.id menu SNMPTN dan kemudian klik submenu kuota sekolah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah