Tips Hemat Air di Masa Pandemi COVID-19

- 28 Februari 2021, 00:59 WIB
Sedang mencuci tangan.
Sedang mencuci tangan. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Air merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi ini.

Di masa pandemi ini, air sangat dibutuhkan sebab pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun.

Dikutip dari Instagram Kemenpupr (Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat), menyatakan bahwa sebuah riset Indonesia Water Institute mengungkapkan konsumsii air di masa pandemi.

Indonesia Water Institute mengungkapkan pola konsumsi air bersih masyarakat di masa pandemi meningkat hingga tiga kali lipat. Perubahan pola pemakaian ini salah satunya untuk aktivitas mencuci tangan yang dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga: Universitas Muhammadiyyah Malang (UMM) Raih Peringkat Pertama Versi UniRank

Nah, terdapat lima tips hemat air walau rajin cuci tangan, yaitu:

Pertama, Basuhi tangan secukupnya lalu tutup kran air. Saat mencuci tangan baik sebelum berpergian atau sesudah berpergian sebaiknya cuci tangan secukupnya.

Biarkanlah tangan Anda basah sedikit, kemudian tutup kran kembali, jangan sampai tidak ditutup, karena itu akan membuang air-air.

Kedua, Ambil sabun secukupnya. Di masa pandemi ini cuci tangan tidak hanya cukup membasuhnya dengan air, tapi juga harus menggunakan sabun.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x