Yuks Belajar Etika dan Sopan Santun dalam Pergaulan, Nomor Dua Justru Sering Kamu Dikakukan

- 2 April 2022, 14:11 WIB
Ilustrasi Tiga Orang Perempuan Berprilaku Sopan Santun / Pexels
Ilustrasi Tiga Orang Perempuan Berprilaku Sopan Santun / Pexels /

PRIANGANTIMURNEWS - Sopan santun adalah bagian dari terminologi etika yang sering kali dikaitkan dengan terminologi moral atau yang sering kali disebut sebagai filsafat moral.

Sopan santun berarti sikap atau perilaku yang tertib sesuai dengan adat istiadat atau norma- norma yang berlaku dalam pergaulan antar manusia setiap harinya memiliki sikap saling menghormati, bertutur kata baik, bersikap rendah hati, serta suka menolong.

Berikut ini prilaku sopan santun.

Baca Juga: Belasan Perempuan di Bawah Umur di NTT Jadi Korban Trafficking dan Eksploitasi

1. Jangan menelpon seseorang berturut-turut. Kalau tidak dijawab, berarti mereka sedang ada hal yang penting. Kirim pesan setelah itu dan tanyakan kapan waktu yang tepat untuk menelpon.

2. Jangan sesekali memesan menu yang mahal saat ditraktir. Lebih elok, minta orang yang mentraktir untuk pilihkan menu.

3. Janganlah bertanya hal-hal janggal seperti ini, "Oh, belum kawin ya? Umur sudah berapa nih?", atau "Belum ada anak yah? Kan sudah lama kawin?", "Kenapa belum beli rumah?". Itu hal pribadi. Tidak perlu ditanyakan. Bukan urusan kita.

Baca Juga: BLT Minyak Goreng Akan Segera Cair Bulan April Ini, Simak Cara Cek Daftar Penerimanya

4. Selalu buka dan pegangkan pintu untuk orang dibelakang kita, terutamanya orang tua atau ibu yang sedang mengendong anak. Tidaklah rugi membantu untuk memudahkan orang lain.

5. Berhati-hati dalam bercanda. Tidak semua orang bisa menerima cara kita. Kalau orang tidak suka, hentikan. Jangan diulang lagi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Inatagram @dramasukses


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah