Roket Besar Milik China Akan Jatuh Kembali ke Bumi dengan Tanpa Terkendali

- 4 Mei 2021, 14:27 WIB
Ilustrasi Roket luar angkasa.
Ilustrasi Roket luar angkasa. / Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Roket China yang sangat besar akan jatuh kembali ke bumi dengan cara masuk kembali yang tidak terkendali setelah peluncuran stasiun luar angkasa.

Roket Long March 5B seberat 21 ton tersebut membawa modul stasiun luar angkasa baru China ke orbit rendah Bumi minggu lalu.

Namun roket sepanjang 30 meter itu sendiri juga mencapai orbit dan sekarang akan menjadi salah satu peluncuran terbesar yang pernah masuk kembali tanpa terkendali.

Para ahli mengatakan bahwa sebagian besar roket yang dapat dibuang tidak mencapai kecepatan yang akan membawa mereka ke orbit dan mereka biasanya masuk kembali ke atmosfer dan mendarat di zona masuk kembali yang diketahui.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Ini 4 Cara Obati Kerinduan pada Kampung Halaman

Kecepatan roket berarti mengorbit Bumi setiap 90 menit dan melintas tepat di utara New York, Madrid dan Beijing, dan sejauh selatan Chili dan Wellington, Selandia Baru.

Mereka juga mengatakan bahwa kemungkinan besar setiap puing yang tidak terbakar saat masuk kembali akan mendarat di laut atau area tak berpenghuni, tetapi "risikonya tetap ada kerusakan pada orang atau properti."

Mei lalu, peluncuran pertama Long March 5B juga melihat tahap pertama mencapai orbit dan memasuki bumi kembali secara tak terkendali enam hari kemudian.

Militer AS memprediksi bahwa Roket tersebut akan masuk kembali ke Samudra Atlantik tetapi jika itu terjadi 15 hingga 30 menit sebelumnya, puing-puing yang tidak terbakar akan menghantam tanah AS.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Spacenews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x