Mengintip Ketimpangan Kekuatan antara Israel dan Palestina Secara Nyata

- 15 Mei 2021, 23:59 WIB
Kolase Foto senjata tempur Israel dan Palestina
Kolase Foto senjata tempur Israel dan Palestina /Twitter/@JatIkhwan/

PRIANGANTIMURNEWS- Ketika pengadilan kontroversial Israel memerintahkan pengusiran pemilik rumah Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki menyebabkan protes dan reaksi kekerasan dari otoritas Israel, eskalasi berikutnya membuat para pakar bertanya apakah perang skala penuh sudah di depan mata.

Tetapi bahkan jika itu berkembang menjadi perang yang matang, itu akan menjadi sangat tidak adil jika Anda mempertimbangkan kemampuan militer, politik, dan ekonomi dari masing-masing pihak.

Mari kita uraikan apa yang dimiliki kedua belah pihak untuk bertarung satu sama lain:

Baca Juga: Menteri HAM Pakistan kepada Ketua PBB: Tindakan Israel di Palestina adalah 'Pembantaian bukan Konflik'

Pasukan bersenjata

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memiliki hampir 170.000 personel militer aktif sementara lebih dari tiga juta pria dan wanita tersedia untuk dinas militer. Ini adalah angka yang luar biasa untuk keseluruhan populasi yang hanya 9 juta, dan menunjukkan betapa kuatnya militerisasi Israel.

IDF juga menawarkan anggaran yang sangat besar, dengan 20,5 miliar dollar tersedia menurut perkiraan tahun 2019 dan berada di peringkat ke-15 dalam hal pengeluaran militer secara global.

Di sisi lain, tanpa negara nyata atau tentara reguler, kelompok perlawanan Palestina yang berbeda memiliki tenaga yang jauh lebih sedikit daripada tentara Israel, yang berjumlah sekitar 30.000 hingga 50.000 tentara.

Baca Juga: Warga Gaza Mengungsi Saat Jumlah Korban Tewas Meningkat Akibat Serangan Udara Israel

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: TRT World


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x