GNB Gelar Pertemuan Luar Biasa Mengenai Palestina

- 23 Juni 2021, 18:55 WIB
Menlu RI Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Lu​ar Biasa Komite Gerakan Non Blok mengenai Palestina, secara virtual, Selasa 22 Juni 2021
Menlu RI Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Lu​ar Biasa Komite Gerakan Non Blok mengenai Palestina, secara virtual, Selasa 22 Juni 2021 /tangkapan layar setkab.go.id/

PRINGANTIMURNEWS- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi menghadiri Pertemuan Lu​ar Biasa Komite Gerakan Non Blok (GNB) mengenai Palestina, secara virtual, Selasa 22 Juni 2021 yang digelar atas inisiasi Indonesia.

Menlu mengingatkan bahwa kekerasan-kekerasan Israel sudah menjadi suatu hal yang rutin dan akan terus berlangsung jika dunia tidak dapat menemukan solusi dari akar masalah, yaitu penghentian pendudukan Israel atas Palestina.

Retno mendorong tiga hal penting yang perlu diambil oleh GNB. Pertama, GNB harus mendukung dilaksanakannya kembali negosiasi multilateral yang kredibel.

Baca Juga: Gedung Bekas Pemda Kab Tasikmalaya Ditargetkan 2022 Dibangun Jadi Gedung Parkir

“Proses politik yang kredibel adalah satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya kembali kekerasan-kekerasan Israel. Telah lama sekali tidak ada negosiasi damai yang substantif antara Israel dan Palestina,” ujarnya.

Dukungn ini sangat penting.

Kedua, GNB perlu mendukung status Palestina sebagai negara. Oleh karena itu, GNB harus satu suara dalam mendukung status Palestina sebagai negara dan perjuangan warga Palestina mencapai kemerdekaan.

“Kita juga harus mendorong negara-negara GNB dan komunitas internasional lainnya yang belum mengakui Palestina sebagai negara untuk segera mengakui,” tegas Retno.

Baca Juga: Positif Covid-19, Bintang Emon Sindir Orang Tak Percaya Covid-19

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah