Menteri Luar Negeri AS Akan Bahas Tentang Hak Asasi Manusia Dengan India

- 26 Juli 2021, 20:18 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS– Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan melakukan kunjungan ke India, membahas tentang hak asasi manusia serta undang-undang kewarganegaraan yang berdasarkan pada agama.

Undang-undang kewarganegaraan tersebut telah diberlakukan oleh pemerintah Perdana Menteri India Narendra Modi pada dua tahun yang lalu, Muslim menganggap hal ini sebagai sesuatu yang diskriminatif.

India erat dengan tradisi pluralistik, Blinken memulai perjalanannya pada Selasa dan berencana untuk menaikan isu kemanusiaan di New Delhi.

Baca Juga: KPAID Tasikmalaya Kembali Raih Anugerah dari KPAI Pusat

Modi dituduh telah menekan adanya perbedaan pendapat, membuat kebijakan pemecah belah dengan melakukan penarikan basis nasionalis Hindu serta mengasingkan Muslim.

Isuk-isu seperti hak asasi manusia dan demokrasi memiliki sifat yang universal, melebihi negara atau budaya tertentu, sumber kementerian luar negeri India menuturkan dilansir Reuters pada Senin, 26 Juli 2021.

Pemerintah AS dan India tengah melakukan hubungan erat dalam bidang politik dan keamanan, melawan otoriter China di wilayah tersebut.

Baca Juga: Berita Transfer Liverpool Terbaru: dari Kepindahan Harry Wilson, hingga Keputusan Neco Williams

Para aktivis hak, terdapat suasana ketiadaan tenggang rasa yang berkembang di India, AS harus bersandar terhadap pemerintah Modi dalam penegakkan keragaman dan nilai demokrasi, hal terpenting jika hubungan kedua negara makin dekat dan melakukan kerja sama sebagai upaya melawan otoriter China.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah