PM Muhyiddin: Malaysia Berharap untuk Membuka Kembali Ekonomi di Sebagian Besar Negara Bagian pada Oktober

- 26 Juli 2021, 22:11 WIB
Warga Malaysia pasang bendera putih di rumah.
Warga Malaysia pasang bendera putih di rumah. /Instagram @matanajwa/

PRIANGANTIMURNEWS- Malaysia mengharapkan untuk membuka kembali ekonomi dan mencabut kontrol pergerakan untuk sebagian besar negara bagian pada awal Oktober ketika negara itu meningkatkan program imunisasi Covid-19, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengatakan kepada Parlemen, Senin 26 Juli 2021.

Tan Sri Muhyiddin memberi pengarahan kepada anggota parlemen tentang Rencana Pemulihan Nasional (NRP), yang menguraikan bagaimana pemerintah bermaksud untuk keluar dari pembatasan pergerakan yang diperkenalkan pada bulan Mei dan saat ini berlaku secara nasional.

“Insya Allah, dengan upaya terus menerus untuk mendorong proses pemulihan dan program imunisasi berjalan lancar, kami berharap sebagian besar negara bagian akan memasuki fase keempat pada awal Oktober,” katanya. Dilansir dari The Straits Times Senin, 26 Juli 2021.

Baca Juga: LInk Streaming dan Jadwal Badminton Indonesia 27 Juli 2021, Olimpiade Tokyo 2020

NRP empat fase pertama kali diumumkan oleh Muhyiddin pada 15 Juni. Fase satu adalah yang paling ketat, dengan hanya layanan penting yang diizinkan untuk beroperasi dan orang-orang serta bisnis dikunci. Di bawah fase empat, orang-orang akan kembali ke kehidupan normal sehari-hari, dengan sebagian besar sektor ekonomi diizinkan untuk dibuka kembali dengan tunduk pada protokol kesehatan seperti pelacakan kontak dan jarak sosial.

Pada hari Senin, lima negara bagian - Kedah, Selangor, Negeri Sembilan, Melaka, Johor - dan tiga wilayah federal - Kuala Lumpur, Putrajaya, Labuan - tetap dikunci di bawah fase satu.

Delapan negara bagian lainnya - Perlis, Perak, Pahang, Kelantan, Terengganu, Penang, Sabah, dan Sarawak, telah beralih ke fase dua. Sementara pembatasan perjalanan tetap di bawah fase dua, bisnis seperti penata rambut dan operator cuci mobil diizinkan untuk dibuka.

Baca Juga: Gempa 5,9 SR Mengguncang Sulawesi Warga Panik

Muhyiddin mengatakan pemerintah akan terus memantau situasi di setiap negara bagian dengan cermat, termasuk mengambil tindakan intervensi yang diperlukan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Straits Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x