Suara 'Bip' Orang yang Tidak Divaksinasi Dikhawatirkan Melanggar HAM di Korea Selatan

- 28 Desember 2021, 09:55 WIB
  Pengunjung memindai kode QR dari aplikasi izin vaksin di ponsel mereka untuk memasuki restoran di Seoul, 14 Desember 2021.
Pengunjung memindai kode QR dari aplikasi izin vaksin di ponsel mereka untuk memasuki restoran di Seoul, 14 Desember 2021. /Ko Young-kwon/ Koreatimes

PRIANGANTIMURNEWS - Kritik meningkat atas rencana pemerintah Korea Selatan untuk memperkenalkan fungsi suara peringatan ke sistem izin vaksin untuk memeriksa masa berlaku izin dan mengidentifikasi orang yang tidak divaksinasi.

Kritikus mengatakan itu bisa melanggar HAM mereka dan menyebabkan diskriminasi, memperlakukan orang yang tidak divaksinasi seperti pengutil atau penjahat dengan gelang kaki elektronik.

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari koreatime, Markas Besar Pengendalian Penyakit Pusat Korea Selatan, masa berlaku 180 hari izin vaksin dari dosis kedua vaksin COVID-19.

Baca Juga: Perahu yang Membawa Pengungsi Rohingya Terdampar di Peraian Aceh Indonesia

Kebijakan ini akan berlaku pada 3 Januari 2022 difasilitas multi guna termasuk restoran dan kafe, langkah untuk mendorong orang mendapatkan tembakan penguat.

Ketika orang yang tidak divaksinasi atau mereka yang memiliki pass kedaluwarsa memindai kode QR mereka, pemindai akan berbunyi bip.

Markas mengatakan fungsi alarm ini diharapkan dapat meringankan beban pemilik restoran dan operator fasilitas yang harus memeriksa tiket vaksin setiap pelanggan, terutama pada jam sibuk.

Baca Juga: Infeksi COVID-19 Spanyol Melonjak Setelah Natal

Namun hal ini menimbulkan kritik terhadap hak asasi manusia, karena bunyi bip di ruang publik akan mengungkapkan status vaksinasi orang tersebut yang merupakan informasi pribadi kepada orang lain di sekitar yang bertentangan dengan keinginan mereka.

Pengguna online telah memposting komentar kritis, mengatakan pemerintah memperlakukan orang yang tidak divaksinasi seperti "virus berjalan."

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Koreatimes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x