Perahu yang Membawa Pengungsi Rohingya Terdampar di Perairan Aceh Indonesia

- 28 Desember 2021, 09:40 WIB
 Pengungsi Rohingya terdampar di aceh
Pengungsi Rohingya terdampar di aceh / Screenshot dari YouTube serambi on tv /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebuah kapal yang membawa puluhan pengungsi Rohingya termasuk perempuan dan anak-anak mogok dan terdampar di perairan lepas pantai provinsi Aceh di pulau Sumatra, Indonesia.

Kabar terdamparnya kapal berpenumpang pengungsi Rohingya tersebut disampaikan oleh pihak berwenang setempat dan kelompok kemanusiaan, Senin 27 Desembver 2021.

Pengungsi Rohingya dari Myanmar telah bertahun-tahun berlayar ke negara-negara seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia antara November dan April ketika laut tenang.

Baca Juga: Infeksi COVID-19 Spanyol Melonjak Setelah Natal

Dilansir priangantimurnews.com dari Reuters, Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) Senin 27 Desember 2021 mengatakan kapal yang membawa pengungsi Rohingya terlihat sejak Minggu di perairan Bireuen, Aceh dan sedang bekerja dengan pihak berwenang setempat untuk menyelamatkan kelompok tersebut.

Ada sekitar 70 pengungsi di kapal itu, kata cabang Amnesty International di Indonesia, mengutip pihak berwenang setempat.

Badruddin Jusuf, seorang tokoh masyarakat nelayan setempat, memperkirakan jumlah kapal sebanyak 120 orang dan mengatakan mereka telah diberi makanan.

Baca Juga: Waspadai Hujan Lebat di Pergantian Tahun

Amnesty mengatakan para nelayan telah meminta pemerintah setempat untuk menyelamatkan Rohingya yang terdampar.

“Perlu ada tanggung jawab bersama antar negara kawasan untuk melakukan pencarian dan penyelamatan agar (pengungsi) terhindar dari bahaya di laut…,” kata Direktur Eksekutif Amnesty Indonesia Usman Hamid.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x