Rusia Mengatakan Masuknya Finlandia ke NATO Merupakan Ancaman yang Akan Ditanggapinya!!

- 13 Mei 2022, 20:16 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin /Instagram @diariolaprensa/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Rusia mengatakan pada hari Kamis (12 Mei) bahwa tawaran Finlandia untuk bergabung dengan NATO adalah langkah bermusuhan yang "pasti" menimbulkan ancaman bagi keamanannya.

Kremlin mengatakan akan menanggapi tetapi menolak untuk menjelaskan bagaimana, mengatakan ini akan tergantung pada seberapa dekat NATO memindahkan aset militer menuju perbatasan Finlandia-Rusia 1.300 km.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Rusia perlu mengambil "langkah-langkah pembalasan, baik yang bersifat teknis-militer dan lainnya, untuk menghentikan ancaman terhadap keamanan nasionalnya yang muncul".

Baca Juga: Messi Memuncaki Daftar Atlet Dengan Bayaran Tertinggi Versi Majalah Forbes

"Helsinki harus menyadari tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan seperti itu," katanya.

Langkah Finlandia, yang diperkirakan akan ditiru oleh Swedia, menghadapkan Presiden Vladimir Putin dengan hasil yang dia katakan bahwa perangnya di Ukraina dirancang untuk mencegah - perluasan lebih lanjut NATO ke perbatasan Rusia.

"Finlandia bergabung dengan langkah-langkah tidak bersahabat yang diambil oleh Uni Eropa terhadap negara kami. Ini tidak dapat gagal untuk membangkitkan penyesalan kami, dan merupakan alasan untuk tanggapan simetris yang sesuai di pihak kami," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Baca Juga: Erdogan Mengatakan Turki Tidak Mendukung Finlandia, Swedia Bergabung Dengan NATO

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x