Konflik Ukraina, Ternyata Ini Salah Satu yang Menyebabkan Perekonomian Melambung?

- 16 Juli 2022, 21:53 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di sela-sela Pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (G20 Finance Ministers and Central Bank Governors/FMCBG) Ketiga, Kamis 14 Juli 2022
Menteri Keuangan Sri Mulyani di sela-sela Pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (G20 Finance Ministers and Central Bank Governors/FMCBG) Ketiga, Kamis 14 Juli 2022 /Ade Alkausar/

PRIANGANTIMURNEWS – Konflik di Ukraina menjadi salah satu yang menyebabkan munculnya tantangan terhadap krisis pangan dan energi sehingga perekonomian melambung.

Dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Keuangan Amaerika Serikat (AS) Janet Yellen sepakat bahwa perekonomian melambung akibat konsekuensi isu geopolitik yang belum mengalami deskalasi.

Oleh karena itu penanganan krisis pangan dan energi agar perekonomian tidak melambung maka akan dibahas bersama-sama dengan Menteri terkait yang menangani sektor energi.

Baca Juga: Rekap Transfer Barcelona: Mateu Alemany Menawarkan Frenkie de Jong, Xavi Kerja Keras Dapatkan Pemain Ini

Pembahasan ini akan dilakukan dalam pertemuan bilateral kedua negara di sela-sela pertemuan ketiga Menteri keuangan dan Gubernur Bank G20.

Meski menyadari sensitif mengingat dua negara kuat berada di posisi bersebrangan tetapi Indonesia dan anggota lainnya harus menempatkan G20 sebagai forum kerja sama ekonomi terbesar dunia.

Dalam pertemuan tersebut membahas isu-isu energi dan lingkungan serta kebijakan masing-masing negara terkait isu tersebut.

Baca Juga: Aksi Baku Tembak Antar Polisi, Pihak Keluarga Ungkap Kejanggalan Atas Kronologi Kematian Brigadir J?

Salah satu penekanan ke arah yang konkret dan teknis dari Sri Mulyani yaitu melalui kebijakan mekanisme Transisi Energi atau Energy Transition Mechanism (ETM) yang telah diinisiasi dan dicanangkan oleh Indonesia bersama Bank pembangunan Asia (Asia Development Bank/ADB).

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x