Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei Meninggal Dunia Mendadak

- 27 November 2022, 08:25 WIB
Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Mak
Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Mak /Metro.co.uk/

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri luar negeri lama Belarusia telah meninggal dunia mendadak, dua hari sebelum dia dimaksudkan untuk bertemu dengan mitranya dari Rusia.

"Menteri Luar Negeri Vladimir Makei telah meninggal dunia secara mendadak," lapor Belta tanpa memberikan perincian lebih lanjut. Makei telah memegang jabatannya sejak 2012.

Makei, 64, menghadiri konferensi Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) - aliansi militer dari beberapa negara pasca-Soviet - di Yerevan awal pekan ini dan akan bertemu dengan timpalannya dari Rusia, Sergei Lavrov, Senin

Baca Juga: Messi Pahlawan Argentina Pastikan Kemenangan Atas Meksiko di Piala Dunia 2022 Qatar

Sebelum pemilihan presiden dan protes massal anti-pemerintah di Belarus pada tahun 2020, Makei telah menjadi salah satu penggagas upaya untuk meningkatkan hubungan Belarusia dengan Barat dan mengkritik Rusia.

Namun, dia tiba-tiba mengubah pendiriannya setelah dimulainya protes, dengan mengatakan bahwa mereka terinspirasi oleh agen Barat.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari, Makei, seorang pendukung hubungan dekat antara Moskow dan Minsk, mengatakan bahwa Barat telah memprovokasi perang dan bahwa pihak berwenang Ukraina harus menyetujui persyaratan perdamaian Rusia.

Baca Juga: Mbappe Kejar Rekor Thierry Henry di Timnas Prancis, Setelah Cetak Gol Kemenangan Atas Denmark

Beberapa hari sebelum dimulainya perang, Makei berjanji tidak akan ada serangan ke Ukraina dari wilayah Belarusia. Beberapa hari kemudian, pasukan Rusia membuktikan bahwa dia salah.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x