Raih Kembali Kursi Kepresidenan setelah Dibui, Lula da Silva: Demokrasi adalah Pemenang Besar Pemilihan Ini

- 3 Januari 2023, 10:18 WIB
screenshot Lalu da Silva dan pendukungnya dari The Edge of Democracy (2019)/Youtube Channel/Netflix
screenshot Lalu da Silva dan pendukungnya dari The Edge of Democracy (2019)/Youtube Channel/Netflix /

PRIANGANTIMURNEWS- Lalu da Silva akhirnya kembali meraih kursi kepresidenannya setelah mendekam di penjara akibat hukum kontroversial yang kemudian dibatalkan oleh Mahkamah Agung Brazil, mengalahkan saingan sengitnya Jair Bolsonaro dalam pemilu yang dilakukan dibulan Oktober 2022 lalu.

Upacara pelantikan Presiden Brazil terpilih Lula dan Wakil Presidennya Geraldo Alckmin berlangsung pada Senin kemarin, 2 Januari 2023 pada pukul 15:00 waktu setempat sekitar 01:00 WIB dalam sidang pleno Majelis Rendah di Brasilia.

Ini diketahui merupakan masa jabatan presiden ketiga kalinya bagi Lula da Silva, setelah menghabiskan lebih dari satu tahun di penjara dari 2018-2019 karena hukum yang kontroversi dengan tuduhan korupsi oleh mantan hakim Sergio Moro.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces Hari Ini, 3 Januari 2023, Asmara: Masalah Besar Datang, Bicarakan Baik-Baik

Persatuan dan Rekonstruksi adalah fokus agenda Presiden terpilih Lula untuk memerangi kemiskinan, kelaparan, dan rasisme pada program sosial yang kuat. Lalu menekankan bahwa dirinya akan memerintah demi seluruh rakyat dan menyampaikan pentingnya mempersatukan negara.

Diketahui pada Oktober itu, Lalu da Silva terpilih dengan angka suara 60,3 juta suara yang berarti 50,9 persen suara. Sementara, Presiden Jair Bolsonaro yang mengalami kekalahan memperoleh suara 58,2 juta atau sekitar 49,1 persen.

Dilaporkan, pemilihan umum kemarin merupakan yang paling sengit antara kubu kanan (Pihak Borsonaro) dan kubu kiri (Pihak Lalu). Dalam pidatonya di depan Kongres setelah mengalahkan Kubu kanan, mengatakan bahwa demokrasi adalah pemenang sebenarnya dari pemilihan presiden Oktober lalu.

Baca Juga: Mantap! Penculik Anak di Bawah Umur di Gunung Sahari Akhirnya Ditangkap

"Demokrasi adalah pemenang besar dalam pemilihan ini, mengatasi ancaman paling kejam terhadap kebebasan untuk memilih, kampanye kebohongan dan kebencian yang paling hina yang direncanakan untuk memanipulasi dan mempermalukan para pemilih," ungkap Lula kepada parlemen.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x