Belanda Akui Kemerdekaan RI 1945, Konsekuensinya Harus Bayar Ganti Rugi Sebanyak Rp. 504 Triliun?

- 17 Juni 2023, 22:21 WIB
Ketika Belanda mengakui kemerdekaan RI 1945 maka mereka harus berkonsekuensi bayar ganti rugi Rp. 504 triliun./ Istimewa/Net
Ketika Belanda mengakui kemerdekaan RI 1945 maka mereka harus berkonsekuensi bayar ganti rugi Rp. 504 triliun./ Istimewa/Net /

PRIANGANTIMURNEWS – Ketua Komite Utang Kehormatan Belanda, Jeffry Pondaag menyebut jika pengakuan Belanda terhadap kemerdekaan RI 1945 memiliki berbagai konsekuensi yang menguntungkan secara finansial untuk negara Indonesia.

Salah satu konsekuensi yang menimbulkan keuntungan bagi Indonesia itu antara lain yakni, negara RI bisa mendapatkan uang ganti rugi sebanyak Rp. 504 triliun.

Sebab pada tahun 1949 Indonesia telah membayar ganti rugi perang kepada Belanda dengan nilai yang hampir sama. Kala itu Republik Indonesia dituntut Belanda membayar hutang perang jika ingin mendapat pengakuan kedaulatan dari Belanda.

Baca Juga: Manchester United Tertarik Mengontrak Andre Onana Sebagai Pengganti David de Gea

Karena walaupun Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Belanda belum menganggap bangsa Indonesia sebagai rakyat yang merdeka.

Pada akhirnya disetujui lah pembayaran uang untuk Belanda agar negara kincir angin ini bisa mengakui kedaulatan Republik Indonesia melalui Konferensi Meja Bundar (KMB).

Setelah KMB rampung disepakatilah pihak republik harus membayar sejumlah kerugian perang kepada Belanda sebanyak triliunan gulden. Ketika kesepakatan itu terealisasi pihak republik maka Belanda baru mengakui kedaulatan Indonesia pada 27 Desember 1949.

Namun meskipun sudah membayar uang ganti rugi triliunan gulden, Belanda masih belum rela melepaskan daerah Papua dan perusahaan-perusahaan besarnya di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Baca Juga: Inilah 7 Tujuan Potensial Jose Mourinho berikutnya Jika dia Meninggalkan AS Roma

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x