Dituding Mau Mengkudeta Rusia, Ini Klarifikasi Pemimpin Wagner Grup, Yevgeny Prigozhin

- 27 Juni 2023, 08:00 WIB
Pemimpin Wagner Grup, Yevgeny Prigozhin mengatakan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan Rusia. Hanya aksi protes yang dilayangkan saja, namun militer Rusia menyerang. Disampaikan pada Senin, 26 Juni 2023./Anadolu
Pemimpin Wagner Grup, Yevgeny Prigozhin mengatakan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk menggulingkan pemerintahan Rusia. Hanya aksi protes yang dilayangkan saja, namun militer Rusia menyerang. Disampaikan pada Senin, 26 Juni 2023./Anadolu /

PRIANGANIMURNEWS - Yevgeny Prigozhin, Pemimpin Paramiliter Wagner Grup dituding akan mengkudeta Rusia.

Namun tudingan itu dibantahnya. Yevgeny  Promosiin mengklaim bahwa dirinya tidak punya rencana untuk menggulingkan pemerintah Rusia sama sekali.

Dirinya hanya menyuarakan aksi protes saja di Moskow, karena kekhawatirannya jika ada pembubaran kelompok paramiliter Wagner Grup.

Baca Juga: Tanggapan China tentang Keputusan Wagner, Kemenlu: Ini Urusan Internal Rusia

Hal tersebut sekaligus menepis pernyataan isu tentang berkhianatnya Wagner Grup terhadap Rusia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Yevgeny Prigozhin pada hari Senin, 26 Juni 2023 ketika seluruh pasukan Wagner Grup beralih haluan ke Belarusia.

Di Telegram, Yevgeny Prigozhin mengatakan Kementerian Pertahanan Rusia telah merencanakan untuk menandatangani kontrak pada 1 Juli 2023 mendatang.

Dengan seluruh pejuang Wagner Grup, serta menjadikan kelompok itu bagian dari tentara reguler Rusia.

Sementara menurut pandangan Prigozhin,hal tersebut malah akan menghancurkan kemampuan tempur dari Wagner Grup. Itu berarti, mereka sama sekali tidak menginginkan hal tersebut.

Baca Juga: AS Tuduh Wagner Grup Memasok Rudal ke Pasukan RSF di Sudan

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x