TRAGIS! Gempa Guncang Maroko, 1.000 Orang Lebih Tewas

- 10 September 2023, 07:04 WIB
Kondisi kerusakan  di salah satu wilayah di Maroko akibat gempa bumi dahsyat di Amizmiz, Maroko, 9 September 2023. (REUTERS/ABDELHAK BALHAKI)
Kondisi kerusakan di salah satu wilayah di Maroko akibat gempa bumi dahsyat di Amizmiz, Maroko, 9 September 2023. (REUTERS/ABDELHAK BALHAKI) /

PRIANGANTIMURNEWS - Gempa bumi menggunxang Maroko pada Jumat malam 8 September 2023. Akibat gempa tersebut 1000 orang lebih  tewas.

Hingga kini Tim penyelamat menggali reruntuhan guna mencari korban selamat di rumah-rumah yang ambruk di desa-desa pegunungan terpencil di Maroko.

Selain merenggut ribuan  nyawa, gempa yang mengguncang pegunungan High Atlas di Maroko  tersebut meluluhlantakkan berbagai bangunan bersejarah di Marrakesh.

Baca Juga: Tanyakan Bantuan Gempa, Puluhan Korban Gempa Talamau Ontrog Kantor Bupati,

Sementara sebagian besar korban jiwa berada di daerah-daerah pegunungan di bagian selatan Maroko.

Disampaikan  Kementerian Dalam Negeri Maroko bahwa  1.037 orang tewas dan 672 lain luka-luka akibat gempa yang menurut Survei Geologi AS berkekuatan 6,8 skala Richter dengan pusat gempa sekitar 72 km arah barat daya Marrakesh.

Di desa Amizmiz dekat pusat gempa, petugas penyelamat menggali puing-puing bangunan dengan tangan kosong. Bebatuan yang ambrol memenuhi jalan-jalan sempit.

Baca Juga: Gempa Bumi 7,4 M Guncang Kalimantan Selatan, BMKG: Hati-Hati Gempa Susulan

Di luar sebuah rumah sakit, sekitar 10 jenazah tergeletak dalam selimut sementara kerabat yang berduka berdiri di dekatnya.

"Saat saya merasakan bumi berguncang di bawah kaki saya dan rumah miring, saya bergegas mengeluarkan anak-anak saya. Namun tetangga saya tidak bisa," kata Mohamed Azaw.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x