Pangandaran Miliki Potensi Flora dan Fauna, Berpotensi Menjadi Wisata Edukasi Cagar Alam

- 24 Desember 2020, 16:54 WIB
Bunga Raflesia Cagar Alam Pangandaran dan Rusa
Bunga Raflesia Cagar Alam Pangandaran dan Rusa /Pikiran rakyat dan Instagram Keliling Pangandaran /
PRIANGANTIMURNEWS- Kekayaan Alam Pangandaran sangatlah banyak. Apalagi banyak sekali potensi yang bisa dijadikan wisata edukasi yang berada di Cagar Alam.
 
Cagar Alam Pangandaran sudah termasuk kategori wisata edukasi. Didalamnya terdapat Margasatwa, Flora dan Fauna yang beragam.
 
 
Menjadikan Cagar Alam sebagai tujuan wisata edukasi sangat tepat sekali.
 
Berikut Bukti Cagar Alam Pangandaran sebagai Potensi Flora dan Fauna.
 
Potensi Flora : 
 
Flora yang paling menarik dari potensi flora di kawasan ini adalah adanya bunga Rafflesia 
Padma, sedangkan 80 % flora yang terdapat di sekitar merupakan vegetasi hutan sekunder tua dan sisanya adalah hutan primer.
 
Kisegel (Dilenia excelsa), dan Marong (Cratoxylon formosum). Selain itu banyak juga terdapat jenis jenis pohon seperti Reungas (Buchanania arborencens), Kondang (Ficus variegata), dan Teureup (Artocarpus elastica). 
 
Ekosistem hutan pantai didominasi oleh jenis-jenis Butun (Barringtonia asiatica), Ketapang 
(Terminalia cattapa), Nyamplung (Calophylum inophylum), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus).
 
Ekosistem hutan dataran rendah, didominasi oleh jenis Laban (Vitex pubescens), Kondang (Ficus variegata), Marong (Cratoxylon formosum), Kisegel (Dilenia excelsa).
 
Ekosistem hutan tamanan, didominasi oleh Jati (Tectona grandis) dan Mahoni (Swietenia macrophyla), dan Kormis (Acacia auriculiformis)
 
Potensi Fauna :
 
Memiliki beberapa jenis hewan yang dilindungi margasatwa cagar alam seperti, Rusa (Cervus timorensis), Banteng (Bos sondaicus), Kijang (Muntiacus muntjak), Tando (Cynocepalus variegatus), Kalong (Pteropus vampyrus), Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), Lutung (Tracyphithecus auratus), Kangkareng (Anthracoceros convexus), Rangkong (Buceros rhinoceros) dan Ayam hutan (Gallus gallus).***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x