Tanah Bergerak Menyebabkan Jalan Utama Cimaragas-Cidolog Ambles  

- 25 Januari 2021, 23:35 WIB
  Kendaraan melintas salah satu titik di tikungan arit Dusun Cikupa, Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, yang sudah ditutup bebatuan, Senin 25 Januari 2021.
Kendaraan melintas salah satu titik di tikungan arit Dusun Cikupa, Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, yang sudah ditutup bebatuan, Senin 25 Januari 2021. /Nurhandoko Wiyoso/Pikiran Rakyat/

 

PRIANGANTIMURNEWS - Pergerakan tanah terjadi di Cimaragas Kabupaten Ciamis. Akibatnya kejadian itu Jalan utama Cimaragas- Cidolog ambles dan retak Senin 25 Januari 2021.

Jalan ambles terjadi berada di tikungan arit (sabit) di Dusun Cikupa, Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas. Dari arah utara berupa tikungan tajam menurun.

Ada dua titik badan jalan ambles yakni persis di dekat ujung tikungan sebelah utara, sedangkan yang kedua sekira 30 meter selatannya.

Baca Juga: Culik Anak Didiknya, Guru Les Privat Diringkus Polisi

Sebagian badan jalan yang retak dan ambles hingga setengah meter ditutup dengan bebatuan, sehingga mobil kecil dan sepedamotor masih dapat melintas.


“Kejadiannya diketahui Minggu, 24 Januari 2021 pagi, pertama amblesnya sekitar 20 sentimeter, tetapi sekarang sudah hampir setengah meter. Retakan badan jalan di sisi utara maupun selatan semakin lebar dan dalam. Saat ini saja pergerakan tanah masih terjadi,” tutur Nana, warga Cimaragas.

Dia mengatakan selain badan jalan ambles, kebun yang berada di sisi barat jalan juga terdapat retakan memanjang. Pada bagian sisi badan jalan yang ambles, saluran air juga hancur. “Ada retakan di kebun warga, lokasinya atas badan jalan,” ungkapnya.

Baca Juga: Menkeu Sebut Urgensi Dibentuknya LPI

Nana mengatakan pada tahun 2016 di lokasi yang sama juga terjadi jalan ambles dan putus hingga lebih dari satu meter. Semua kendaraan tidak dapat melintas. Akibatnya Kecamatan Cidolog beberapa hari terisolir. “Setelah bagian yang retak dan ambles ditimbun material pasir dan batu, kendaraan berangsur bisa lewat,” katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x