4 Kerajinan Anyaman Bambu Khas Tasikmalaya, yang Wajib Kamu Tahu

- 18 Februari 2021, 20:23 WIB
Muhammad Mujib (30) menganyam kertas koran bekas yang sebelumnya dilinting para perajin di sekitar rumahnya. Anyaman bisa dibentuk beragam perkakas yang dijual secara online.*/ ROMMY ROOSYANA/ZONAPRIANGAN
Muhammad Mujib (30) menganyam kertas koran bekas yang sebelumnya dilinting para perajin di sekitar rumahnya. Anyaman bisa dibentuk beragam perkakas yang dijual secara online.*/ ROMMY ROOSYANA/ZONAPRIANGAN /Zona Priangan/

PRIANGANTIMURNEWS- Alloh SWT menciptakan begitu banyak sumber daya alam yang dapat  dimanfaatkan oleh manusia. begitu banyak tumbuhan  yang tersedia di alam ini.

Bambu adalah salah satu tumbuhan  yang sangat memberi manfaat dan keuntungan besar bagi manusia. Selain sebagai tumbuhan hutan, banbu juga dapat dijadikan sebuah karya seni terapan, seperti alat musik, dinding rumah, pagar, bahkan dijadikan sebagai anyaman yang indah.

Didaerah Tasikmalaya sudah banyak beberapa pengrajin yang membuat anyaman bambu. Seperti di daerah Rajapolah, Salawu dan sebagainya.

Baca Juga: Kapolri Izinkan Liga Sepak Bola Berkompetisi, Menpora: Seluruh Stakeholder Harus Siap Komitmen

Berikut adalah beberapa  bentuk atau jenis anyaman bambu yang  berfungsi sebagai alat rumah  tangga.

1. Boboko

Boboko adalah sebuah benda yang biasa digunakan sebagai wadah  (tempat)  untuk menyajikan nasi. boboko terbuat dari anyaman bambu.  Dengan alas bawahnya di sokong (tahan) oleh bambu berbentuk persegi.

2. Piring

Selain dari plastik, kaca, kramik, melamin, ada juga piring yang terbuat dari anyamam bambu, Biasanya piring bambu ini kebanyakan  dipakai pada acara acara tertentu, yaitu pada  saat acara resepsi pernikahan atau khitanan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x