Foto Rihanna Memicu Kemarahan di India

- 18 Februari 2021, 16:48 WIB
Poto Rihanna dengan Kalung Ganesha.
Poto Rihanna dengan Kalung Ganesha. /twitter.com/@Rihanna/
PRIANGANTIMURNEWS- Penyanyi pop Rihanna dituduh mengejek dewa Hindu setelah dia mengunggah fotonya di Twitter.
 
Foto tersebut merupakan foto dirinya setelah pemotretan untuk iklan pakaian dalam. Gambar tersebut memicu kehebohan di India, dan muncul hanya beberapa minggu setelah Rihanna membuat marah pemerintah India dengan mengomentari protes besar-besaran para petani.
 
Foto tersebut diunggah sang superstar kepada lebih dari 100 juta pengikutnya di Twitter, dan merupakan bagian dari promosi lini pakaian dalam Rihanna, Savage X Fenty.
 
 
Dalam foto unggahannya tersebut, sang bintang berpose sambil telanjang dada dengan memakai kalung dengan liontin Baby Ganesha. Hal tersebut langsung mengundang kemarahan masyarakat India karena dianggap telah menghina sang Dewa yang mereka agungkan.
 
Sebelumnya Rihanna juga telah membuat keributan di India dengan tweet nya yang mengomentari aksi protes para petani. Hal tersebut tidak disetujui oleh masyarakat India yang mendukung aksi para petani tersebut.
 
Foto dengan liontin Baby Ganesha itu juga dibagikan di akun Instagram-nya yang memiliki 91,4 juta pengikut.
 
 
Pengguna media sosial dan politisi di India mengatakan postingannya "menghina", menuduhnya tidak menghormati dewa Hindu dan melukai sentimen lokal.
 
“Mengerikan melihat bagaimana @Rihanna dengan memalukan mengejek Dewa Hindu kita tercinta #Ganesha,” tweet Ram Kadam, seorang legislator negara bagian dari partai nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi. “Ini memperlihatkan bagaimana #Rihanna tidak tahu atau menghormati budaya India, tradisi, dan masalah kami di sini.”
 
Tokoh Hindu Dunia sayap kanan mengatakan telah mengajukan pengaduan polisi terhadap Facebook dan Twitter karena menampung gambar tersebut dan menuntut tindakan terhadap akun media sosial Rihanna.
 
 
Beberapa pengikut di akun media sosial Rihanna mempertanyakan pernyataan busananya.
 
"Anda mengenakan kalung dewa dan Murthi [gambar dewa] dari budaya saya yang sudah cukup disesuaikan secara budaya dalam beberapa tahun terakhir," kata seorang pengikut.
 
“Bagaimana ini tidak masalah jika seseorang memiliki lebih dari cukup sumber untuk setidaknya mengetahui arti dan pentingnya rantai dan liontin di leher mereka?”
 
Ganesha sangat dihormati dalam agama Hindu, dan dimaksudkan untuk disembah di kuil atau di kuil rumah.
 
Beberapa umat Hindu memakai liontin Ganesha sebagai lambang keimanan mereka, tetapi tidak menghiasi mereka sebagai aksesoris fashion.
 
 
Awal bulan ini, tweet dari Rihanna dan selebriti lainnya tentang protes di India oleh petani terhadap undang-undang pertanian baru memicu kemarahan pada kementerian luar negeri India, yang menyebut komentar mereka "sensasional".
 
Para kritikus mengatakan nasionalisme Hindu telah meningkat di India yang resmi sekuler di bawah Partai Bharatiya Janata Modi.***
 
Sumber: News Agencies dan Twitter @Rihanna

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x