Kondisi Bendungan Manganti Pengendali Banjir di Sungai Citanduy, Pasca Hujan Deras di Jawa Barat

- 22 Februari 2021, 18:57 WIB
Suasana Bendungan Manganti.
Suasana Bendungan Manganti. /Aldi Nur Fadilah/

PRIANGANTIMURNEWS- Kondisi Bendungan Manganti Pengendali Banjir di Sungai Citanduy, Pasca Hujan Deras di Jabar. Aliran sungai Citanduy di Bendungan Manganti yang terletak di Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pantauan Priangantimurnews.com, pada Senin 22 Februari 2021. Kondisi Bendungan Manganti pasca beberapa daerah di Provinsi Jawa Barat dengan curah hujan yang tinggi terlihat alirannya lancar.

Dikarenakan hujan deras di awal tahun, warna sungai Citanduy berwarna coklat lekat. Selain itu, tumpukan sampah plastik pada bendungan penuh.

Baca Juga: AS Mendekati 500.000 kematian karena COVID-19

Lokasi yang merupakan bendungan sarana pengendali banjir dan pengairan saluran irigasi di wilayah Ciamis Selatan, Jabar, dan juga sebagai saluran irigasi sarana air baku untuk wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Meskipun ada sebagian daerah di Jawa Barat yang terendam banjir, salah satunya karena jebolnya bendungan.

Lingkungan sekitar Manganti masih terlihat aman, dan tidak terjadi luapan dari sungai Citanduy. Jika dilihat dari sisi sejarah, Bendungan Manganti sudah ada sejak 30 Tahun yang lalu setelah diresmikan oleh presiden pada waktu itu. Sebagai bangunan yang kokoh, bendungan ini dinilai tahan dari aliran deras sungai Citanduy.

Bendung Manganti yang dibangun mulai tahun 1971 hingga 1987. Jaringan Irigasi Sidaereja-Cihaur di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-2 Soeharto, Pada 20 Desember 1990 di Cilacap.

Tugu bendungan Manganti.
Tugu bendungan Manganti.

Baca Juga: Belajar dari Makanan 3 bersaudara : Kupat, Lemper, dan Lontong khas Jawa

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x