Gempa Bumi Terkini, Terjadi di Kabupaten Sukabumi dengan Kekuatan 5,6 Magnitudo

- 27 April 2021, 17:35 WIB
Gempa bumi.
Gempa bumi. /BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS- Gempa bumi terjadi di Kabupaten Sukabumi pada Selasa, 27 April 2021. Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Gempa yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berkekuatan 5,6 Magnitudo tepat pada kedalam 14 km di permukaan laut, dengan lokasi 7.86 LS, 106.87 BT (108 km Tenggara Kab. Sukabumi- Jabar) pukul 16.23 WIB.

Dilansir priangantimurnews dari website resmi bmkg.go.id memberitahukan berita terkait gempa terkini yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 5.6 Skala Richter Sukabumi, Dirasakan di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat

BMKG juga memberikan arahan bahwa gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Tsunami adalah peristiwa naiknya air dari permukaan lain ke daratan dengan goncangan yang cukup tinggi. Kejadian tsunami terbesar terjadi pada tahun 2004 di Aceh.

Selain itu, BMKG juga menyarankan agar tetap berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Gempa bumi ini dirasakan oleh daerah Sukabumi, Rangkasbitung, Bayah, Cihara, Cilonggrang, Panggarangan, Bogor, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, dan Tangerang Selatan.

Baca Juga: Turut Bela Sungkawa Tenggelamnya KRI Nanggala-402, Stadion Sultan Ibrahim Malaysia Nyalakan Lampu Merah Putih

Gempa bumi disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi. Di Indonesia terdapat lembaga BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yang mempunyai tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x