Beberapa Lokasi untuk Program Petani Milenial

- 3 Juni 2021, 16:16 WIB
Kepala Biro perekonomian Setda Prov Jabar Benny Bachtiar
Kepala Biro perekonomian Setda Prov Jabar Benny Bachtiar / jabarprov.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Program Petani Milenial dikonsep agar para peserta bisa menggarap komoditas di atas lahan yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Selain itu, ada pula skema memanfaatkan lahan milik peserta program dan pihak ketiga atau swasta, BUMD dan BUMN.

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jabar Benny Bachtiar memaparkan, lahan yang dipersiapkan untuk para peserta sudah tersedia dan sebagian tengah diproses secara cermat.

Proses ini harus berlangsung matang, tidak bertabrakan dengan aturan hukum soal pemanfaatan lahan dan cermat dalam arti kondisi lahan cocok untuk pengembangan komoditas.

Baca Juga: Hati-hati, Tilang Kini Pakai Sistem Poin, Jika Melanggar SIM Akan Dicabut

“Kami juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memanfaatkan lahan idle yang bisa dimanfaatkan, jadi tidak asal lahan kosong,” kata Benny.

Benny mencatat lahan untuk pemanfaatan program Petani Milenial tersebar di delapan kabupaten/kota yaitu Cianjur, Cirebon, Subang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi, Karawang, dan Indramayu. Dengan total luas lahan yang sudah tersedia 100,52 hektare.

“Di setiap daerah luasan yang tersedia bervariasi. Ada yang memiliki luasan 50 hektare, 20 hektare sampai di bawah 1 hektare. Lahan itu akan diberikan pada petani milenial yang lokasinya berdekatan dengan lahan,” tutur Benny.

Untuk lahan yang siap menurutnya berada dalam pengelolaan organisasi perangkat daerah (OPD).
Pengampu juga sebagian lahan milik peserta program Petani Milenial. Dan dinas-dinas terkait sudah menyiapkan lahan yang berada di sejumlah daerah.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x