Mengatasi Limbah Air di Desa Jemberama, Kodim 0615 Kuningan Membangun IPAL

- 11 Juni 2021, 10:42 WIB
Anggota Kodim 0615 Kuningan bersama dengan masyarakat membangun IPAL di Dusun Cilimus, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. IPAL ini diharapkan bisa membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan bebas penyakit
Anggota Kodim 0615 Kuningan bersama dengan masyarakat membangun IPAL di Dusun Cilimus, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. IPAL ini diharapkan bisa membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan bebas penyakit /Instagram @kodim0615kuningan/

PRIANGANTIMURNEWS - Kodim 0615 Kuningan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111, berasama masyarakat gotong royong membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Dusun Cilimus, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan.

Dikutip priangantimurnews.com dari akun Instagram @kodim0615kuningan Danramil 1514 Subang Kapten Inf Ujang Maryadi menyebutkan, pengerjaan IPAL ini baru mencapai 10 persen dengan skala pemukiman 25 KK. Ini akan menjadi solusi atasi limbah bagi masyarakat Dusun Cilimus, Desa Jamberama.

"Instalasi pengolahan air limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair seperti limbah dari WC, air cuci atau kamar mandi. Limbah rumah tangga dari sebanyak 25 KK di sekitarnya, akan dialirkan melalui pipa yang akan dipasang menuju instalasi pengolahan bersama," kata Danramil.

Ia menyebutkan, ke depan dari program TMMD ke-111 pembangunan IPAL yang sedang dilaksanakan, masyarakat yang berada di beberapa RT dan RW ini sebagai penenerima manfaatnya. Mereka akan dengan mudah membuang limbah rumah tangganya, tanpa harus membangun sarana penampungan atau septik tank.

"Adanya IPAl kondisi lingkungan akan menjadi bersih dan terbebas dari wabah penyakit yang yang ditimbulkan dari limbah tersebut," katanya.

Diungkapkan Saji (61) warga Dusun Cilimus merasa senang dengan adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa karena kita jelas - jelas terbantu. Seperti salah satunya pembangunan IPAL.

"Limbah kalau tidak dikelola dengan baik, akan berdampak dan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Bukan saja bagi kesehatan tapi bisa mengganggu ketertiban, keindahan dan kenyamanan bagi lingkungan itu sendiri,"ungkapnya. ***

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kodim0615kuningan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x