Harga Tes PCR Turun, Ridwan Kamil: Kalau Bisa Gratis

- 18 Agustus 2021, 22:42 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  minta kalau bisa tes PCR gratis. Rakyat jangan dibebani
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil minta kalau bisa tes PCR gratis. Rakyat jangan dibebani /Instagram Humas Jabar

PRIANGANTIMURNEWS - Harga tes pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) secar resmi telah diturunkan pemerinta.

Sebelumnya harga tes PCR mencapai Rp900.000, kini telah turun menjadi Rp 495.000 untuk wilayah Jawa-Bali, dan Rp 525.000 untuk luar Jawa-Bali mulai.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan pemeriksaan PCR untuk umum itu gratis. Meski demikian dia akan memonitor di lapangan terkait dengan penurunan harga pemeriksaan PCR.

Baca Juga: Berikut Langkah-Langkah Daftar Vaksinasi Secara Online

"Intinya saya mah kalau bisa gratis ya gratis. Tapi jangan membebani rakyat. Di India saja bisa murah di bawah Rp 100 ribu, kenapa kita kemarin-kemarin bisa Rp900 ribu hingga Rp1 juta," ujar dia pada wartawan saat ditemui di kantor MUI Jabar, Kota Bandung, Rabu 18 Agutus 2021.

"Dengan diturunkan Rp 400-500 ribu kita evaluasi dulu. Mudah-mudahan ditaati oleh pengelola dan memudahkan ikhtiar AKB (adaptasi kebiasan baru). Sampai suatu hari urusan pandemi ini mudah sekali sehingga kita bisa fokus ke hal lain," tutur dia.

Di Jabar, lanjut dia, pihaknya akan memonitor penurunan tarif tersebut.

"Saya akan keliling mengecek sampling. Mudah-mudahan ditaati penurunan harga PCR setenghanya dan suatu hari kita doakan ada sebuah upaya lebih mudah lagi," ucap dia.

 

Baca Juga: BLT UMKM Tahap ke 3 untuk Para Pelaku Usaha Cair, Cek Nama ke Link Bank Masing-masing

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah