Jalan Pagelaran - Sukanagara Cianjur Lumpuh, Angin Puting Beliung Terjang Rumah Warga

- 26 Desember 2021, 23:53 WIB
 Angin puting beliung akibatkan pohon tumbang dan sebabkan 20 rumah rusak, di Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Minggu 26 Desember 2021
Angin puting beliung akibatkan pohon tumbang dan sebabkan 20 rumah rusak, di Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Minggu 26 Desember 2021 /Muhammad Ginanjar/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Ruas Jalur Provinsi yakni perbatasan Sukanagara ruas jalan Sukanagara - Cadas Hideung kecamatan Pagelaran lumpuh total.

Hal itu terjadi karena terjadi bencana longsor. Semua material berupan batu dan tanak menutupi semua badan jalan, sehingga jalan tertutup tota

Akibatnya ruas jalur tersebut lumpuh dan tak bisa dilalui oleh kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Baca Juga: INNALILLAHI, Longsor di Talegong dan Cisewu Garut, 31 Rumah Warga Terdampak

Berdasarkan informasi, luas longsoran dengan panjang sekitar lebih dari 30m, dengan tinggi lebih dari 20m dan lebar 4m, dengan material longsoran terdiri dari tanah dan tunggul bambu.

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, bahwa longsoran tersebut mengakibatkan lumpuh jalur tersebut sehingga harus segera dievakuasi.

“Berdasarkan laporan dari Kacadin PU jalan Provinsi evakuasi membutuhkan waktu karena terdiri dari tanah dan bambu,” ujar Sekban BPBD, Rudi Wibowo, dikonfirmasi d iruangan kerjanya.

Baca Juga: Klausul pelepasan Haaland dikonfirmasi: Real Madrid, Manchester City atau Manchester United bisa membayarnya

Rudi menuturkan, longsoran yang terjadi di jalan Provinsi tersebut ditanggulangi oleh pihak PU PR Provinsi Jawa Barat.

“Pada siang harinya sudah bisa dilalui, hanya saja sisa dari longsoran tersebut masih ada, dan pihak PU PR Provinsi masih terus melakukan pekerjaanya membersihkan material longsoran,” katanya.

Rudi menyebutkan, jika longsoran juga terjadi di kampung Kancah Nangkub, Desa Sukamulya Kecamatan Naringgul, penyebab kejadian dari hujan deras yang berlangsung lama.

Baca Juga: Thomas Tuchel Memberikan Petunjuk Besar Tentang Masa Depan Conor Gallagher di Chelsea

“Dampaknya, jembatan Cibongkok putus, sepanjang 8 meter, lebar 3 meter, jembatan tersebut merupakan akses penghubung Desa Sukamulya dan Desa Wanasari, Naringgul,” papar Rudi.

Rudi menyebutkan jika upaya yang dilakukan, akan dibangung jalan sementara dengan melibatkan swadaya masyarakat.

“Nanti akan dibuatkan bronjong juga disana,” kata Rudi.

Baca Juga: Profil dan Biodata Hafiz Fatur, Adik Dari Irwansyah yang Kini Jadi Tersangka Kasus Penipuan

Sementara, kembali terjadi angin puting beliung, di Kp. Pasir jeruk Rt.02/09, kp Bobojong Rt. 02/10, Kp.Cangkuang Rt. 04/09, dan Kp. Pasir baru Rt. 01/09 Desa Cimanggu kecamatan Cibeber, Cianjur.

Akibat anging puting beliung itu mengakibatkan pohon tumbang yang menimpa rumah dan musola kurang lebih 20 rumah,  Minggu 26 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB.

Upaya yang sedang di lakukan saat ini oleh Forkopimcam, BPBD, DAMKAR, Pemdes, RETANA, GOGOPAW RESQUE, Satpol PP, dibantu dengan warga sekitar, memotong pohon dan memeperbaiki rumah yang rusak ringan.

Baca Juga: Moon Se yoon Meraih Penghargaan Tertinggi di KBS Entertainment Awards

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, dan kami masih dilokasi kejadian dalam penanganan lebih lanjut serta berkoordinasi dengan pihak terkait,” imbuhnya.*** (Muhammad Ginanjar)


Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x