5 Tempat Wisata Bertema Alam di Tasikmalaya, Nomor 1 Curug Ciparay, Disertai Jalur dan Alamatnya

- 25 Desember 2022, 19:19 WIB
Tangkapan layar panorama Curug Ciparay, Tasikmalaya./Youtube/Sutoyon Sopyan idi/
Tangkapan layar panorama Curug Ciparay, Tasikmalaya./Youtube/Sutoyon Sopyan idi/ /

 

 
PRIANGANTIMURNEWS - Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat dengan wisata alam yang terbilang banyak.
 
Selain terkenal dengan Kota Santri karena memiliki ribuan pesantren yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten ini selalu menyuguhkan objek wisata baru di setiap tahun.
 
Bagi kamu yang hendak berlibur ke Tasikmalaya dan sedang mencari tempat wisata bertema alam,
 
Berikut rekomendasi 5 tempat di Tasikmalaya yang dijamin bikin kamu penasaran ingin mengunjunginya:
 
 
1. Curug Ciparay
Terletak di Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya
 
Curug Ciparay Tasikmalaya berada di sebuah lembah yang dikelilingi pepohonan yang masih sangat lebat. Airnya mengalir dari balik pohon yang melindunginya.
 
Curug ini mempunyai dua aliran air terjun, maka tak heran jika orang-orang sering menyebutnya Curug Kembar. Dihiasi dengan aliran air yang keluar dari tebing batu yang menyangganya.
 
Masing-masing tinggi aliran Curug Ciparay berbeda. Yakni 55 meter dan 75 meter. Bukan hanya itu, debit airnya pun berbeda. Aliran air yang lebih pendek mempunyai debit air yang lebih besar.
 
 
Jalur:
Disarankan berangkat memakai kendaraan roda dua. Jalan menuju curug hanya cukup dilalui oleh satu mobil saja, jadi kalau memakai mobil akn kerepotan ketika berpapasan dengan mobil di arah yang berlawanan.
 
Kita juga akan disuguhi keindahan panorama alam di sepanjang jalan, seperti pegunungan dan pepohonan yang masih hijau.
 
Kondisi terkini jalur menuju curug sedang berada dalm perbaikan, dan sebagian besar sudah diaspal. Namun perlu diingat ada beberapa bagian jalan yang belum di aspal. 
 
Lebih berhati-hati ketika menemukan jalan yang menurun dan medan tanah yang berair, karena itu sangat licin.
 
 
Kemudian untuk menuju lokasi curug, kamu akan menemukan setapak dan di dominasi dengan turunan. Jalanan ini masih alami, yakni berupa tanah dan bebatuan.
 
Kemudian kita kita akan menyebrang sebuah jembatan, setelah perjalanan yang cukup jauh kita akan disuguhkan dengan pemandangan Curug Ciparay yang indah.
 
alamat lengkap:
Dusun parentas, Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
 
2. Curug Cimedang
Terletak di Sukaharja, Tasikmalaya
 
 
Curug Cimedang merupakan bagian dari Gunung Galunggung. Curug Cimedang sendiri merupakan nama curug yang berasal dari nama aliran sungai kecil yang mengalir ke air terjun tersebut.
 
Curug berukuran mungil ini hanya memiliki tinggi sekitar 5 meter saja, walaupun begitu suasana di lokasi ini sangat sejuk, teduh karena masih banyak pepohonan.
 
Selain kondisi airnya yang sangat jernih, curug ini juga memiliki kolam yang lumayan besar sekitar 10 meter lebarnya dengan kedalaman sekitar 1,5 meter sehingga aman untuk bermain air.
 
Selain itu di sisi sebelah kiri curug ini dingdingnya berongga seperti mulut goa yang menambah ke unikan dari tempat ini.
 
 
Kondisi sungainya berpasir sehingga di lokasi ini terdapat penambangan pasir untuk di gunakan sebagai bahan bangunan.
 
jalur:
Dari Kota Tasikmalaya kita menuju ke Alun-alun Singaparna. Kemudian berputar ke arah Sariwangi lelu melewati Kamoung Malaganti, Malaganti Center atau stasiun pemancar televisi lokal dekat villa.
 
Kurang lebih 300 meter ke barat ada pertigaan sebelum lapangan bola, lalu ke arah kiri sekitar 700 meter. Di sana ada penambangan pasir.
 
Kemudian, jalan kaki ke arah bawah menuruni jalan tembok, arah Sungai Cimedang, air terjun berada di sebelah barat, setelah itu menyisir sisi sungai sekitar 20 meter dan sampai di Curug Cimedang. Bila via rute Bandung Ciawi bisa belok dari Cisayong masuk jalan Cisinga.
 
 
alamat lengkap:
Kampung Malaganti, Desa Sukaharja, Kec. Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
 
3. Bukit Pujiningrum
Terletak di Sukaraja, Tasikmalaya
 
Jika kita mencari tempat wisata yang berada di perbukitan dengan view alam indah dari ketinggian yang terkadang berselimut kabut. Kita bisa mengunjungi Bukit Pujiningrum di Tasikmalaya.
 
Bukit Puji Ningrum berada di area perbukitan dengan view panorama keindahan alam yang memanjakan mata.
 
Tempat ini juga sangat rekomended untuk camping, menikmati sunrise sekaligus sunset yang nantinya akan membuat fikiran jadi fresh kembali.
 
 
Berdasarkan testimoni para pengunjung, bukti Pujiningrum sering disebut-sebut sebagai Negeri di Atas Awan di Tasikmalaya. Karena memang tempat ini memiliki pemandangan awan di atas bukti ini yang jadi buruan para fotografer. 
 
Kita bisa menyaksikan langsung panorama awan dari atas bukit. Namun, kita harus bisa mengatur waktu untuk datang ke lokasi ini pada pagi hari.
 
jalur:
Rute menuju bukit Pujiningrum terbilang mudah diakses oleh kendaraan roda dua dan roda empat.
 
Walaupun jalanya cukup kecil namun aman untuk dilalui sepeda motor ataupun mobil. 
 
 
Sedangkan untuk rute ke Bukit Pujiningrum jika dari alun alun Sukaraja tinggal lurus saja, sekitar 200 meter nanti belok kanan ke arah karangnunggal (masuk ke gapura bambu).
 
Kemudian ikuti jalan tersebut hingga sampai di SDN Cibogo, lalu ambil ke kanan dan mengikuti jalan hingga sampai lokasi.
 
alamat lengkap:
Kampung Pasirhaleuang, Desa Janggala, Kec. Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
 
4. Curug Amoh
Terletak di Mandalamekar, Tasikmalaya
 
Curug Amoh terletak di atas Curug Sawer. 
 
 
jalur:
Dari tempat parkir motor menuju Curug Amoh, kurang lebih sekitar 300 meter. 
 
Untuk sampai ke Curug Amoh, pengunjung harus melewati area pesawahan dengan jalan setapak. Meskipun demikian perjalanan tidak akan terasa sulit, karena pemandangan yang disuguhkan begitu indah.
 
Tetap harus berhati-hati karena di musim hujan, jalanan yang dilalui licin.
 
Sebelum menuju Curug Amoh, kita akan menemukan Curug Sumur yang letaknya tidak terlalu jauh dari Curug Amoh. 
 
Selain itu, ada juga rute yang menyuguhkan pengunjung dengan pesona Curug Kidang di tengah perjalanan menuju Curug Amoh. 
 
 
alamat lengkap:
Kampung Cibeureum, Desa Mandalamekar, Kec. Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
 
5. Curug Sawer
Terletak di Mandalamekar, Tasikmalaya
 
Curug Sawer menambah panjang daftar wisata air terjun di Tasikmalaya. Banyak pengunjung yang menyarankan untuk berkunjung ke curug ini di akhir pekan.
 
Dari segi fasilitas, curug sawer belum difasilitasi dengan baik. Meskipun begitu, pesona alam yang disajikan mampu memanjakan mata pengunjung.
 
 
Saat air yang jatuh dari ketinggian, seakan membentuk sebuah tirai raksasa. Maka, wajar saja jika Curug Sawer Tasikmalaya selalu dikunjungi terutama oleh muda-mudi yang suka ngevlog, atau hunting foto.
 
jalur:
Jalan menuju Curug Sawer Mandalamekar bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Hanya saja, untuk mobil harus parkir lebih jauh dari lokasi, jika dibandingkan dengan motor.
 
Lokasi parkiran Curug Sawer Tasikmalaya dititipkan di rumah warga, baik mobil, maupun motor. Saat mulai memasuki Desa Mandalamekar, terutama saat dekat ke lokasi Curug Sawer Mandalamekar, kondisi jalannya tidak terlalu bagus.
 
 
Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik terutama ban. Jika kita menggunakan kendaraan roda dua, makan kita tidak perlu jauh berjalan kaki menuju Curug Sawer. 
 
Jarak tempuh menuju Curug Sawer Mandalamekar dari alun-alun Kabupaten Tasikmalaya berjarak sekitar 38 kilometer, dengan waktu tempuh 1 Jam 30 menit perjalanan.
 
Kemudian perjalanan menuju Curug Sawer tak lengkap rasanya jika tak berjalan kaki, istilahnya 'No Trekking No Waterfall'.
 
Setelah memarkirkan sepeda motoe di rumah warga, kita harus menapaki 'galengan sawah' atau jalan setapak untuk bisa sampai ke Curug Sawer. 
 
 
Letaknya memang berada di pesawahan. Jarak dari area sawah menuju lokasi Curug Sawer Tasikmalaya sekitar 500 meter. 
 
Tiket:
Tiket parkir disesuaikan dengan kesepakatan antara pemilik kendaraan dengan pemilik rumah yang memperbolehkan kita memarkir kendaraan di halaman rumahnya.
 
Sementara untuk tiket masuk Curug Sawer sampai saat ini gratis.
 
alamat lengkap:
Mandalamekar, Kec. Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
 
 
Selain kelima tempat tersebut, masih banyak lagi objek wisata di Tasikmalaya yang bisa kamu explore keindahan alamnya.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Instagram @tasiksocitey


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x