Divaksin Belum Tentu Aman dari Covid, Agar Terbebas dari Corona Lakukan Enam Hal Ini

- 26 Maret 2021, 16:18 WIB
Ilustrasi memakai masker
Ilustrasi memakai masker /pexels/

PRIANGANTIMURNEWS – Covid-19 masih ada di Indonesia, dari hari ke hari pasien Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk memutus mata rantai Covid-19 dilakukan vaksinasi.

Hanya program vaksinasi ini bukan untuk menyembuhkan pasien dari Covid-19, namun salah satu upaya mencegah atau meminimalisir penyebarannya.

Cara mencegah penularan Covid-19 melalui mata, hidung, dan mulut bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya seperti dilansir priangantimurnews.com dari Instagram P2PTM Kemenkes RI (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia), yaitu:

Baca Juga: Ketum PPFI Deddy Mizwar Apresiasi Pemerintah Telah Memprioritaskan Vaksinasi Pada Insan Film

1. Rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
Mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat baik itu yang sudah menerima vaksin ataupun belum.

Cara mencuci tangan dengan benar adalah menggosokan jari satu ke jari lainnya, kemudian pakai sabun dan ratakan sabun ke seluruh tangan, bilas kembali dengan air mengalir.

2. Selalu memakai masker bila mendesak ke luar rumah dan ketika berbicara dengan orang lain

Masker adalah alat pelindung mulut yang sangat dianjurkan untuk dipakai setiap hari saat akan bepergian ke luar rumah. Masker yang dipakai bukan hanya melindungi diri sendiri tapi juga melindungi orang lain di sekitar.

Baca Juga: Larangan Mudik Idul Fitri Telah Ditetapkan Pemerintah, dr. Tirta: Tolong Kebijakan itu Dievaluasi

3. Jangan menggosok mata dengan tangan
Terkadang orang secara tidak sadar menggosokan tangan ke mata, saat mata tersebut terasa gatal. Di masa pandemi ini, hilangkan kebiasaan tersebut, karena tangan merupakan tempat terbuka dan tempat berinteraksi satu sama lainnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kemenkes_ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah