Cara Bersihkan Kotoran Telinga yang Aman, Hanya Ditetesi Cairan ini

- 15 Agustus 2021, 07:16 WIB
Ilsutrasi cara merawat dan membersihkan telinga
Ilsutrasi cara merawat dan membersihkan telinga /Tangkap layar Youtube Ini Kata Dokter/

  PRIANGANTIMURNEWS- Telinga adalah organ indera yang bertanggung jawab untuk pendengaran. Oleh karena itu penting sekali menjaga kebersihan telinga agar tetap sehat.


Ada beberapa cara untuk membersihkan telinga, di antaranya korek kuping. Namun cara tersebut ternyata berisiko membuat kotoran telinga makin terdorong ke dalam dan bila tidak hati-hati bisa melukai saluran telinga.


Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang aman dan benar? 

Baca Juga: 16 Perwira Tinggi TNI AU Naik Pangkat Satu Tingkat


Dilansir priangantimurnews.com dari Youtube Ini Kata Doktero kotoran telinga atau disebut juga serumen, merupakan cairan lengket yang dihasilkan oleh kelenjar minyak yang berfungsi sebagai pelumas untuk mencegah telinga kering dan sebagai anti bakteri serta anti jamur.


Pada usia tua, biasanya kelenjar minyak menghasilkan serumen yang lebih keras,  sehingga serumen sulit dikeluarkan dan menyebabkan gejala gangguan pendengaran, nyeri telinga, gatal, hingga telinga berdenging.


Kebiasaan mengorek telinga dengan korek kuping, dapat melukai liang telinga hingga merobek gendang telinga meskipun penggunaan korek kuping dapat membantu mengeluarkan sedikit serumen, tapi lebih banyak beresiko membuat serumen terdorong makin ke dalam.

Baca Juga: SBY Berikan Kado Istimewa ke AHY Sebuah Lukisan Bermakna


Sebenarnya serumen bisa keluar sendiri dari liang telinga ketika kita menggerakkan rahang seperti saat bicara, menguap, ataupun mengunyah. Saat serumen keluar, cukup lap dengan tisu atau kain.

Namun,  bagi  orang dengan serumen keras, dapat menggunakan obat tetes telinga yang berfungsi melunakkan serumen yang keras tetapi harus dipastikan terlebih dahulu gendang telinga tidak luka (tidak ada keluhan telinga sebelumnya). 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Youtube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x