Manfaat dan Efek Samping Makan Coklat Bagi Kesehatan

- 17 Februari 2022, 06:19 WIB
Coklat merupakan camilan yang disukai setiap orang. Makanya sering dijadikan hadiah  termasuk valentine. Ini manfaat dan efek samping  bila terlalu banyak makan coklat bagi kesehatan
Coklat merupakan camilan yang disukai setiap orang. Makanya sering dijadikan hadiah termasuk valentine. Ini manfaat dan efek samping bila terlalu banyak makan coklat bagi kesehatan /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS-  Hari Valentine atau hari kasih sayang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Bulan penuh kasih sayang ini identik dengan bunga dan coklat sebagai tanda cinta.

Banyak orang menghadiahi cokelat kepada orang-orang terdekatnya di hari Valentine sebagai tanda kasih sayang. Saking populernya cokelat, kamu mungkin menerima banyak coklat sebagai hadiah Valentine.

Lalu kamu merasa senang luar biasa dan bersiap untuk menghabiskan berbagai cokelat tersebut. Sebelum kamu menghabiskan cokelat, pahami bahwa terlalu banyak makan cokelat bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Jadwal TV RCTI Hari Ini Kamis, 17 Februari 2022: Ada Ikatan Cinta, Aku Bukan Wanita Pilihan dan Layangan Putus

1. Kandungan Coklat
Cokelat hitam mengandung 50-90 persen kakao, lemak dan gula. Sedangkan coklat susu mengandung 10-50 persen kakao, lemak, susu dan juga gula. Cokelat hitam tidak mengandung susu.

Namun, kandungan susu mungkin didapat dari kontaminasi silang selama pemrosesan karena mesin yang digunakan sama dengan mesin untuk memproduksi coklat yang mengandung susu tersebut.

Lalu, cokelat berkualitas lebih rendah juga memiliki banyak kandungan lemak, minyak sayur, warna atau rasa buatan. Sedangkan coklat putih tidak mengandung kakao dan hanya terbuat dari mentega kakao, gula, dan susu.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Scorpio Hari ini Kamis, 17 Februari 2022 Tentang Kesehatan, Cinta, Kehidupan dan Karir

2. Manfaat Makan Coklat
Selain meningkatkan mood, makan coklat juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan.

Makan cokelat bisa meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian menemukan bahwa coklat panas dapat membantu meningkatkan aliran darah ke bagian orak di yang dibutuhkan.

Makan cokelat juga memiliki manfaat lainnya seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah penurunan kognitif hingga mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Coklat untuk Kecantikan

3. Efek Samping Jika Makan Coklat Terlalu Banyak
Walaupun memiliki banyak manfaat kesehatan, memakan coklat dengan jumlah banyak sangat tidak dianjurkan, Beauties.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: facetofeet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x