Ini Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan, Salah Satunya Menyehatkan Tulang

- 12 Maret 2022, 07:34 WIB
Bagi yang hobi akan ikan laut, tentu tak asing lagi dengan ikan kembung. Selain banyak mengandung gizi, juga bermanfaat bagi kesehatan
Bagi yang hobi akan ikan laut, tentu tak asing lagi dengan ikan kembung. Selain banyak mengandung gizi, juga bermanfaat bagi kesehatan /pixabay/


PRIANGANTIMURNEWS- Memang bukan rahasia umum jika ikan ini kaya nutrisi dan menyehatkan, namun manfaatnya secara spesifik banyak yang tidak diketahui. Ikan kembung masih berkerabat dengan ikan makarel.

Di Ambon, ikan ini dikenal dengan sebutan lema atau tatare. Sementara di Makassar dikenal dengan sebutan bayar atau bayar. Ikan ini menjadi salah satu sumber nutrisi yang terjangkau.

Biasanya, ikan ini disajikan dengan cara digoreng, dibakar, di gulai, dan dipindang. Berikut manfaat ikan kembung bagi kesehatan:

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Imut dan Menggemaskan, Senyumnya Bikin Baper yang Melihat

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Berbagai mineral yang terkandung di dalam ikan kembung, seperti magnesium, kalium, asam lemak omega 3, dan natrium berpengaruh pada kesehatan jantung. Semua nutrisi ini bisa menurunkan peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah di sekitar jantung.

Di samping itu, studi pada jurnal Circulation menunjukkan, konsumsi ikan kembung secara rutin menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 7 persen.

2. Meningkatkan Fungsi Otak
Asam lemak omega tidak hanya baik untuk jantung, tapi juga bermanfaat untuk otak. Ini karena fungsinya dalam menurunkan peradangan, yang mungkin terjadi di otak sehingga fungsinya terjaga dengan baik. Fungsi otak yang baik mendukung Moms and Dads dalam melakukan aktivitas dan memproses informasi.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Imut dan Menggemaskan, Senyumnya Bikin Baper yang Melihat

3. Menurunkan Kadar Trigliserida
Trigliserida memang dibutuhkan tubuh, tapi jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Konsumsi ikan kembung membantu tubuh menurunkan kadar trigliserida, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menyehatkan Tulang
Manfaat ikan kembung yang mungkin Moms dan Dads jarang diketahui adalah menjaga kesehatan tulang.

Ini karena ikan kembung mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor. Bila asupan vitamin dan mineral ini terpenuhi setiap harinya, risiko osteoporosis bisa menurun.

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Pemikiran dan Suka Membebani Diri Sendiri

5. Mendukung Produksi Sel Darah dan Keseimbangan Hormon
Darah bertugas mengangkut oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh sel tubuh. Bila produksi darah tidak mencukupi, tubuh bisa jadi kelelahan karena kurang nutrisi. Manfaat ikan kembung ini didapat dari vitamin D dan vitamin B12 yang terkandung.***

Editor: Muh Romli

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x