Dokter Gizi: Hindari Gorengan Selama Bulan Ramadhan!

- 12 April 2022, 04:19 WIB
ilustrasi gorengan
ilustrasi gorengan /pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Bakwan, risol, tempe dan tahu goreng serta sederet gorengan lain jadi primadona kala bulan Ramadhan.

Baik saat sahur maupun berbuka jadi incaran. Namun, dokter spesialis gizi klinik Fiastuti Witjaksono tidak menganjurkan makan gorengan di bulan Ramadhan demi kenyamanan lambung.

"Gorengan sebaiknya tidak dikonsumsi supaya lambung tidak merasa kurang nyaman. Lambungnya tidak enak, pengosongan lambung jadi lebih lambat," kata Fiastuti yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia itu dalam sebuah webinar kesehatan itu.

Baca Juga: 4 Buah yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Hindari juga makanan berlemak tinggi. Hal ini dapat mengganggu atau menghambat pengosongan lambung, lalu makanan yang dapat merangsang asam lambung atau merusak lambung seperti makanan pedas, asam sebaiknya dikurangi terutama diawal-awal puasa.

"Kalau sudah beberapa hari, biasanya saluran cerna sudah beradaptasi, bisa kembali menerima makanan biasa," kata Fiastuti.

Hindari makanan-makanan yang menghasilkan gas seperti makanan berlemak, minuman bersoda, sayuran tertentu semisal kol dan sawi karena menghasilkan gas di lambung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman, kemudian buah-buah tertentu seperti nangka dan pisang ambon.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus Hari Ini 12 April 2022, Muali dari Umum,Percintaan, Karir, Keuangan.

Hindari makanan atau minuman yang merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol dan jeruk yang sangat asam.

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @infokesesehatan_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x