Cara Menghilangkan Jerawat yang Benar Sesuai Medis

- 14 April 2022, 13:46 WIB
Ilustrasi Macam-macam Jerawat
Ilustrasi Macam-macam Jerawat /Tangkapan Layar Youtube ini kata dokter/

 

 

PRIANGANTIMURNEWS - Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan tersumbatnya folikel rambut oleh minyak dan sel kulit mati disertai oleh infeksi bakteri Propionibacterium acnes (P.acnes) di kulit.

Beberapa faktor yang berperan dalam terjadinya jerawat antara lain Faktor yang tidak dapat dimodifikasi (diubah/dikendalikan) "Usia" 85% terjadi saat remaja, 50.9% pada wanita usia 20- 29 th, 26.3% pada wanita usia 40-49 th "Genetik" terdapat riwayat keluarga memiliki kulit berjerawat "Hormon",

Peningkatan hormone selama masa pubertas atau ketidakseimbangan hormone pada penyakit polikistik ovarium/ penyakit Cushing Faktor yang dapat dimodifikasi stres, merokok, kosmetik yang menyumbat pori-pori diet atau makanan seperti coklat dan produk olahan susu.

Baca Juga: Madrid Lolos Tapi Tuchel Tidak Terima! Kronologi Lolosnya Real Madrid di 8 Besar Liga Champions

jerawat dapat berupa lesi noninflamasi maupun inflamasi Lesi non inflamasi berupa komedo., yaitu penyumbatan yang trjadi pd pori-pori.

Komedo bisa terbuka (blackhead) dan tertutup (whitehead) Komedo terbuka (blackhead), penyumbatan terjadi di atas pori-pori kulit sehingga sebum/minyak akan berubah warna menjadi cokelat atau hitam setelah teroksidasi terkena udara.

Sedangkan pada komedo tertutup (whitehead) penyumbatan oleh sebum terjadi di dalam pori-pori Lesi inflamasi berupa Papula (bejolan kecil yang terasa menyakitkan) pustule (benjolan kecil bernanah) nodul (benjolan besar bertekstur keras yang menyakitkan).

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x