Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur, Berikut Penjelasannya

- 14 April 2022, 02:30 WIB
Ilustrasi Seseorang yang sulit tidur atau Insomnia
Ilustrasi Seseorang yang sulit tidur atau Insomnia /Tangkapan Layar Youtube ini Kata dokter/


PRIANGANTIMURNEWS - Pernah gak sih merasa susah tidur waktu menjelang ujian atau waktu diputusin pacar? Apakah itu gejala insomnia?

Seperti apa sebenarnya insomnia dan bagaimana cara mengatasi insomnia? Ternyata tidur merupakan proses yang kompleks,

yang terdiri dari beberapa tahapan Siklus tidur terdiri dari tidur dengan gerakan mata lambat (non-REM) dan tidur dengan gerakan mata cepat (rapid eye movement/REM).

Siklus tidur dimulai dengan tahapan NREM yang memiliki 4 tahap Tahap I, yg merupakan tahap transisi beralih dari sadar menjadi tidur Tahap II, mulai masuk pada tahap tidur, tapi masih gampang dibangunkan (light sleep).

Baca Juga: Berikut Alasan Gelandang Persib Bandung Gian Zola Milih Hengkang Ke Arema FC

Tahap III, peralihan dari light sleep ke deep sleep dan Tahap IV merupakan tahap tidur yang dalam (deep sleep) kemudian, dilanjutkan dengan fase tidur REM dimana sebagian besar mimpi terjadi.

Tapi, tidur tidak selalu melewati setiap tahap dari siklus tidur ini secara berurutan Kebutuhan tidur beragam tergantung usia Semakin bertambah usia, kebutuhan tidur akan semakin berkurang durasi tidur yang direkomendasikan untuk anak-anak sekitar 9-11 jam per hari.

dan dewasa 7-9 jam per hari Insomnia adalah gangguan kualitas maupun kuantitas tidur meskipun ada waktu yang cukup untuk tidur gejalanya dapat berupa kesulitan memulai tidur (early insomnia) terbangun berkali-kali saat tidur (middle insomnia).

Baca Juga: Perjuangan Keras Supaya Dikasih Main! Rela Digaji Seadanya, Pratama Arhan Berjuang di Tokyo Verdy

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x