Penyakit Asam Urat Salah Satu Jenis Radang Sendi, Kenali Penyebabnya

- 27 Desember 2022, 19:13 WIB
Penyakit asam urat dan penyebabnya./kemkes./
Penyakit asam urat dan penyebabnya./kemkes./ /

PRIANGANTIMURNEWS - Penyakit asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Kondisi ini dapat terjadi pada sendi manapun. Biasanya terjadi pada sendi jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan yang paling sering terjadi pada jempol kaki.

Asam urat ini dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, adanya pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian yang sakit.

Umumnya, penyakit ini dapat lebih mudah menyerang pria yang berusia di atas 30 tahun. Dan pada wanita, biasanya dapat muncul setelah terkena menopause.

Baca Juga: Manchester United vs Nottingham Forest: Link Live Streaming, Head to Head dan Prediksi Skor Liga Inggris 2022

Penyebab penyakit asam urat ini karena terdapat penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Karena, secara alamiah asam urat merupakan senyawa yang diproduksi tubuh untuk mengurai purin.

Zat alami yang bernama purin ini memiliki beberapa fungsi yang penting bagi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi.

Ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat ini akan dibuang melalui urine.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Hal ini bisa disebabkan karena ginjal mengalami sedikit gangguan.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Kementerian Kesehatan RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x