5 Manfaat Pepaya Muda Bagi Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Pencernaan

- 8 Februari 2023, 16:16 WIB
Manfaat buah pepaya muda bagi kesehatan./Pexels.//
Manfaat buah pepaya muda bagi kesehatan./Pexels.// /
 
PRIANGANTIMURNEWS - Pepaya muda ternyata memiliki banyak manfaat di dalamnya, salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Buah mentah atau muda yang satu ini, kerap dijadikan sebagai lalapan oleh orang Indonesia.
 
Pepaya muda ini selain dijadikan sebagai lalapan, bisa juga diolah menjadi bahan makanan seperti diolah dengan cara disayur santan sehingga menjadi gulai dan juga dengan cara ditumis.
 
Selain itu, ada sederet manfaat lainnya dari pepaya muda ini yang baik bagi kesehatan tubuh. Dan berikut adalah 5 manfaat pepaya muda bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan benar.
 
1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
 
Menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing, pepaya muda dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Karena di dalam pepaya muda ini mengandung enzim pencernaan papain dengan konsentrasi tertinggi.
 
Selain itu bisa mencegah asam lambung, perut kembung dan sembelit. Pasalnya pepaya muda mengandung serat yang berfungsi sebagai pembersih internal untuk usus dan usus besar.
 
2. Membantu Turunkan Berat Badan
 
Memiliki kandungan serat yang tinggi, pepaya muda bisa membuat perut kenyang lebih lama.
Hal itu disebabkan karena pepaya muda termasuk ke dalam buah yang rendah kalori dan mengandung banyak pati.
 
Selain itu menurut studi mengatakan, bahwa mengkonsumsi buah ini bisa berdampak positif pada pengurangan kolesterol pada tubuh.
 
3. Detoksifikasi Tubuh
 
Berkat vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya, pepaya muda dapat berfungsi sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh.
 
 
Kandungan seratnya juga dapat memicu pengeluaran racun dan limbah atau kotoran dari sistem tubuh dengan cukup efisien.
 
Kandungan enzim dan fitonutrien nya juga terbukti bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan sel pada tubuh.
 
4. Meningkatkan Kesehatan Mata
 
Pepaya muda memiliki sejumlah besar karotenoid yang digunakan untuk membentuk vitamin A dalam tubuh, hal tersebut diungkapkan menurut studi di British Journal of Nutrition. Sehingga pepaya muda sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata.
 
5. Menyembuhkan Luka
 
 
Dalam pepaya muda mengandung enzim yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka secara alami.
 
Bahkan, buah ini mengandung fitonutrien yang berfungsi sebagai bahan pembangun sel-sel baru, serta dapat mencegah rasa sakit, bengkak, dan infeksi lainnya.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x