Boleh Coba! Lima Khasiat Oyong yang baik buat kesehatan tubuh, simak penjelasanya

- 28 Maret 2023, 17:38 WIB
Gambas atau oyong  merupakan tanaman yang masuk dalam jenis labu-labuan bernama latin luffa acutangula yang tumbuh merambat
Gambas atau oyong  merupakan tanaman yang masuk dalam jenis labu-labuan bernama latin luffa acutangula yang tumbuh merambat /AGROTEK


PRIANGANTIMURNEWS - Tentunya para ahli masak sudah tidak asing lagi dengan nama buah oyong. Ya sejenis mentimun, Oyong sering dibuat sayur sup atau juga sayur bening.

Jika dilihat dari bentuknya, oyong ini mirip dengan okra, maka tidak heran, di negara Amerika Serikat jenis sayuran ini juga disebut sebagai okra-nya Tiongkok.

Kebanyakan orang memang sudah pada kenal dengan oyong, namun tidak banyak pula orang yang tahu akan khasiatnya. Maka dari itu, mari kita kenali bermacam khasiat dari Oyong yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Lempeng Sangihe di Sulteng Bergerak, Gempa Bumi Berskala 5,5 Magnitudo Pun Terjadi

Diketahui oyong yang diolah menjadi sayur sup mempunyai kandungan gizi dan antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencegah peradangan, alergi, dan juga sekaligus bisa menjaga berat badan yang ideal.

Jenis sayuran Oyong memang mirip dengan mentimun dikarenakan keduanya masih dalam satu rumpun, di Indonesia, sudah tidak asing lagi dengan rasa oyong yang segar dan nikmat saat di olah menjadi sup atau sayur bening.

Berikut ini khasiat Oyong atau gambas yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Bersifat antiradang

Baca Juga: 6 Langkah Memulai Bisnis dengan Modal Seadanya Atau Terbatas, Penasaran? Cek Caranya Disini

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: sehatq.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x