Sudahkah Botol Air Minum Anda di Bersihkan? Yuk Simak Apa Kata Pakar Dan Alasannya!

- 21 Januari 2024, 13:32 WIB
Ilustrasi seseorang minum dari botol air/tidak mencuci botol dapat meningkatkan risiko akumulasi mikroba di dalamnya/ ANTARA/Pexels/Anna Shvets
Ilustrasi seseorang minum dari botol air/tidak mencuci botol dapat meningkatkan risiko akumulasi mikroba di dalamnya/ ANTARA/Pexels/Anna Shvets /

PRIANGANTIMURNEWS - Martin Bucknavage, seorang pakar keamanan pangan di Penn State University, memberikan peringatan serius tentang pentingnya mencuci botol air minum yang biasa digunakan berulang kali.

Menurutnya, tidak mencuci botol dapat meningkatkan risiko akumulasi mikroba di dalamnya.

"Setiap kali botol yang tidak bersih serta ada kelembaban di dalamnya, hal itu dapat mendukung tumbuhnya mikroorganisme seperti bakteri serta jamur," ungkapnya, sebagaimana disiarkan oleh Health pada 18 Januari 2024.

Baca Juga: Kesombongan Malaysia yang Remehkan Timnas Indonesia Berujung Karma

Donald Schaffner, PhD, seorang Profesor ilmu pangan di Rutgers University, menambahkan bahwa botol air yang dipenuhi dengan kuman bukan hanya menjijikkan tetapi juga akan berpotensi membahayakan kesehatan.

"Meskipun kemungkinan terpapar patogen melalui botol yang kotor kecil, bukan berarti nol," ujarnya.

Pertanyaannya, seberapa sering seharusnya Anda mencuci botol air Anda? Para ahli setuju bahwa mencuci botol secara teratur penting, tetapi frekuensinya bisa bergantung pada beberapa faktor.

Baca Juga: Inilah Tiga Calon Lawan Timnas Indonesia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Menurut Schaffner, bilamana Anda menggunakan botol setiap hari, mencucinya setiap minggu atau beberapa hari sekali adalah interval waktu yang masuk akal.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x