Adab Bertamu Menurut Sunnah Rasulullah SAW

- 2 April 2021, 21:06 WIB
Prosesi bertamu menurut Islam.
Prosesi bertamu menurut Islam. /Galamedia PR/

PRIANGANTIMURNEWS- Bertamu artinya mengunjungi sahabat, teman, saudara, tetangga, kerabat untuk menyambung tali silaturahmi.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan para umatnya untuk bertamu kepada sesamanya, agar Ukhuwah Islamiyah tetap terjaga, serta adanya keterikatan antara sesama manusia.

Setiap kegiatan pasti memiliki aturan, begitu juga dengan bertamu, terdapat beberapa perilaku yang harus diperhatikan saat akan bertamu, hal ini dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW, sebagaimana dilansir priangantimurnews dari beberapa sumber.

Baca Juga: Pengedar Narkoba Dibekuk Petugas BNN Jabar, 2 Kg Sabu Diamankan

Adab bertamu menurut sunnah Rasulullah, adalah sebagai berikut:

Pertama, Bertamu dengan niat yang baik. Niat adalah pondasi utama dalam melakukan sebuah aktivitas di muka bumi, jika niatnya baik maka semuanya akan berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala akan kegiatan bertamu tersebut.

Niat tempatnya di dalam hati. Hati adalah organ terpenting dalam kehidupan, tanpa hati mungkin sistem organ dalam tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

Sehingga, sangat diutamakan bahwa saat bertamu Anda harus meluruskan dulu niat untuk bertamu, mau apakah? bersilaturahmi saja atau ada maksud yang lain.

Baca Juga: Tips Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan, Yuk Tadarusan

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah