Makna Hijrah Menurut Ustadz Adi Hidayat, Komitmen Dekatkan Diri pada Allah SWT

- 9 Agustus 2021, 06:20 WIB
Ustadz Adi Hidayat, Lc
Ustadz Adi Hidayat, Lc /Tangakapan layar youtube Adi Hidayat Official/

PRIANGANTIMURNEWS- Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari penting bagi umat Islam.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharam saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Makkah ke Madinah.


Dikutip priangantimurnews.com dari kanal youtube Adi Hidayat Official, penanggalan dalam kalender Islam senantiasa menghadirkan satu momentum yang membawa kesan serta pesan bahkan hikmah dalam kehidupan.

Baca Juga: Ekonomi Carut Marut Sejak Objek Wisata Ditutup, PHRI Pangandaran Kirim Surat ke 2 Menteri Sekaligus

Penanggalan dalam Islam terjadi pada satu momentum hijrah Nabi SAW sehingga penggantian tahunnya disematkan dengan momentum ini disebut dengan nama Hijriyah.


Hijrah bukan sekedar beralih tempat, tapi hijrah adalah sebuah komitmen yang dibangun oleh kesadaran nurani kita, spiritual kita untuk berpindah kepada keadaan yang lebih baik yang mendekatkan diri kita dengan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.


Situasi Mekah pada saat itu tidak terlampau kondusif untuk bisa beribadah dengan baik untuk bisa mempraktekkan nilai-nilai Islam yang luhur, untuk bisa membangun hubungan harmonis antar masyarakat dengan nilai-nilai keislaman yang bisa dipraktekkan. 


Karena itulah Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk berhijrah berpindah pada suasana yang mampu membangun kedekatan kepada Allah dengan lebih nyaman dan lebih baik.

Baca Juga: Alami Stres, Segera Lakukan 3 Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Stres

Ibadah bisa berlangsung dengan baik, Islam dipraktekan dengan baik, nilai-nilai interaksi sosial bisa berlangsung secara baik.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: yuoutube Adi Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah