Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Pada Tanggal 21-23 Oktober 2021, Lengkap!

- 19 Oktober 2021, 15:08 WIB
 Iustrasi orang sedang berdoa
Iustrasi orang sedang berdoa /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS – Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu puasa sunnah yang bisa dikerjakan oleh seluruh umat muslim, mulai dari anak-anak sampai orang tua lanjut usia.

Puasa Ayyamul bidh seperti puasa lainnya, harus mengucapkan dan menyengaja melaksanakan puasa tersebut yaitu dengan niat.

Puasa Ayyamul bidh dilaksanakn minimal 3 hari dipertengahn bulan hijriah, yaitu bulan Rabiul Awal yang  jatuh pada tanggal 21-23 Oktober 2021.

Baca Juga: Manfaat Latihan Fisik Bagi Psikologis dan Sosio-Ekonomi

Puasa Ayyamul bidh juga dikenal dengan sebutan puasa putih karena biasanya orang yang melaksanakan puasa putih biasanya saat buka puasa hanya memakan nasi dan air putih.

Nabi Muhammad SAW mengungkapkan pahala bagi orang yang menjalankan puasa Ayyamul bidh setiap pertengahan bulan hijriyah, maka akan mendapatkan pahala puasa seperti puasa setahun.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhori, sebagai berikut:

“Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kau lakukan. Karena itu, maka puasa Ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh,” (H.R Bukhori).

Baca Juga: BMKG Himbau, Waspadai Badai La Nina di Akhir Tahun 2021 hingga Awal Tahun 2022

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah