Lima Dampak Makan Sahur Berlebihan, Yuk Simak Penjelasannya

- 5 April 2022, 03:38 WIB
 Ilustrasi makan sahur / Freepik
 Ilustrasi makan sahur / Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Sahur adalah makan dan minum di pagi hari sebelum waktu shubuh agar kuat dalam berpuasa hingga berbuka.

Namun saat sahur agar dilakukan dengan sewajarnya saja, tidak boleh berlebihan. Seba jika berlebihan justu kurang baik dan memiliki dampak bagi kesehayan.

Lalu apa saja dampaknya bila berlebihan makan sahur. Yuks simak dampak makan sahur secara berlebihan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Lemas Saat Puasa Sambil Bekerja


1. BIKIN PERUT GAK ENAK
Jumlah makanan yang bisa ditampung oleh lambung umumnya berkisar antara 11,5 liter makanan. Apabila lambung sudah penuh, butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengosongkannya lagi. Selama itu pula perut kamu akan terasa penuh dan menjadi tidak nyaman.

2. MALAH CEPAT LAPAR
Selain berisiko membuat berat badan. bertambah, terlalu banyak makan saat sahur juga membuatmu jadi cepat lapar.

Hal ini karena ketika kamu makan berlebihan, hormon leptin yang mengatur sinyal lapar dan kenyang di otak bisa menjadi terganggu. Akibatnya, rasa lapar bisa saja muncul saat isi perut sebenarnya masih penuh.

Baca Juga: Kapolri Bentuk Satgas Gabungan Awasi Produksi dan Distribusi Selama 24 Jam: Pastikan Stok Minyak Curah Tersedi

3. BIKIN NGANTUK
Ketika perut sedang mencerna makanan, sel-sel di pankreas akan memproduksi insulin yang dapat memicu peningkatan hormon melatonin dan serotonin, yang menyebabkan rasa kantuk.

Oleh karena itu, jika terlalu berlebihan saat makan sahur, kamu akan menjadi mengantuk dan bisa aktivitasmu. mengganggu.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram @coacherienhelsy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x