Semeru Level II, Masyarakat Radius 1 KM Diimbau Waspada

- 5 Desember 2020, 22:27 WIB
Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Sejauh 3.000 Meter.
Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Sejauh 3.000 Meter. /ANTARA FOTO/Aken Udjan/

 

PRIANGAN TIMUR NEWS - Status Gunung Semeru pada level II atau waspada, sehingga masyarakat diimbau tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah/puncak dan jarak 4 kilometer arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

Demikian disampaikan Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Nia Haerani, seperti dikutip priangantimurnews dari antaranews Sabtu 5 Desember 2020.

Masyarakat juga diimbau mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

Baca Juga: Peran Pemuda Dalam Penguatan Citra dan Identitas Bangsa

"Radius dan jarak rekomendasi akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

"Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan dan mewaspadai ancaman lahar di alur sungai yang berhulu di Gunung Semeru karena banyaknya material vulkanik yg sudah terbentuk," katanya.

Baca Juga: KPK Tahan Bupati Banggai Laut, Uang Miliaran Diamankan

Dikatakan Nia Haerani berdasarkan laporan petugas Pos Pantau Gunung Api Semeru yang diterima PVMBG, Sabtu 5 Desember 2020 getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru terekam satu kali.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah