Kirim Bantuan Korban Gempa Bumi ke Tempat Terisolir Sulbar, TNI Gunakan Dua Helikopter

- 20 Januari 2021, 19:37 WIB
TNI AL memasukan logistik ke helikopter
TNI AL memasukan logistik ke helikopter /ANTARA/
PRIANGANTIMURNEWS- Relawan dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia minta bantuan kitim paket bantuan kepada TNI angkatan laut gunakan helikopter ke desa terisolir di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.
 
Sabhara selaku Koordinator relawan FTI UMI Makassar Zakir Sabhara yang dikonfirmasi dari Makassar, mengatakan respon sangat cepat yang diberikan TNI AL terkait kebutuhan warga pengungsi khsusnya di wilayah terisolir Kabupaten Majene.
 
Dua helikopter diterbangkan menuju lokasi, yang sebelumnya ikut siaga dan bersiaga di dek KRI Dr Soeharso. Rabu, 20 Januari 2021.
 
 
Dikutip Priangan Timur News dari antara, 'Dua helikopter bantu distribusi bantuan di lokasi terisolir Sulbar'
 
"Alhamdulillah, TNI AL langsung merespons dan saya sudah bertemu langsung Bapak Komandan Lanal Mamuju Letkol Laode Jimmy Herisal menjelaskan semua kebutuhan pengungsi di wilayah terisolasi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, sejak gempa terjadi pada Jumat (15/1) dini hari, ada enam desa di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat itu sangat membutuhkan bantuan karena keenam desa itu terisolir.
 
Zakir menyatakan, di Kecamatan Ulumanda, berdasarkan pendataan oleh BMKG itu merupakan pusat gempa, namun kerusakan tidak separah yang ada di perkotaan karena tidak adanya bangunan bertingkat.
 
 
"Sejak gempa terjadi, enam desa ini terputus. Bantuan tidak ada masuk karena akses tertutup. Tapi sekarang, bantuan sudah mulai masuk karena helikopter TNI AL sudah dikerahkan," katanya.
 
Sementara itu, Komandan Satgas (Dansatgas) Bencana Alam TNI AL Sulbar Kolonel Marinir Y Rudy Sulistyanto mengatakan, pendistribusian logistik difokuskan di posko-posko pengungsian di pegunungan dan daerah terisolasi lainnya.
 
Pendistribusian bantuan di posko-posko pengungsian tepatnya di pegunungan di Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro dan Kelurahan Kalukku Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulbar, juga sudah dilakukan oleh anggota sejak Selasa (19/1).
 
 
 
"Hari ini dua helikopter KRI Soeharso sudah difungsikan untuk membawa bantuan ke daerah terisolasi yang memang tidak bisa dijangkau dengan jalur darat. Kalau ada juga warga butuh penanganan medis, maka akan dibawa menggunakan helikopter itu," ucapnya.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x