Berkunjung ke Banyuwangi, Puan Maharani Sebut Seni Budaya Punya Potensi untuk Menghidupkan Geliat Ekonomi

- 2 Maret 2021, 19:28 WIB
Berkunjung ke Banyuwangi, Puan Maharani Sebut Seni Budaya Punya Potensi untuk Menghidupkan Geliat Ekonomi.
Berkunjung ke Banyuwangi, Puan Maharani Sebut Seni Budaya Punya Potensi untuk Menghidupkan Geliat Ekonomi. /Arsip DPR RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Ketua DPR RI, Puan Maharani baru saja melakukan kunjungan kerja ke Sanggar Genjah Arum, Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur, pada hari Senin, 1 Maret 2021.

Dalam kunjungan tersebut, Puan menyebutkan bahwa budaya lokal memiliki potensi untuk mencegah redupnya energi pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

Baginya, masyarakat Osing di Desa Kemiren, Banyuwangi merupakan masyarakat yang memiliki kearifan lokal berupa sistem sosial dan budaya yang bisa mendukung perekonomian warga setempat.

Baca Juga: Para Mantan Menteri BUMN “Reunian” di Kantor Kementerian BUMN

“Kami menyadari budaya adalah energi pariwisata. Jadikan ini sebagai modal menggerakkan wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi sekaligus mengamati kegiatan di Desa Wisata Osing. Tentu ini diharapkan bisa membantu perekonomian warga setempat,” tutur Puan dalam kunjungan tersebut.

Puan juga menyebutkan bahwa seni dan budaya merupakan pilar bagi terbangunnya kepribadian bangsa. Ia juga menghimbau kepada masyarakat setempat untuk senantiasa merawat dan menjaga seni budaya yang ada agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat diwariskan secara terus-menerus kepada generasi berikutnya.

“Seni dan budaya merupakan salah satu pilar (untuk) membangun kepribadian bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Maka penting memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, kita harus rawat warisan leluhur supaya bisa diturunkan,” ungkap Puan.

Baca Juga: Setelah Perpres Investasi Miras Dicabut Presiden, PKS dan MUI Meminta Gubernur Jakarta untuk Menepati Janji

Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan periode 2014-2019 terebut juga turut mengapresiasi para seniman Osing dan segenap masyarakat Banyuwangi yang tidak lelah berkaya meski dalam kondisi terbatas.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah