Tiga Negara Eropa Menangguhkan Penggunaan Vaksin AstraZeneca di Tengah Kekhawatiran yang Serius

- 16 Maret 2021, 08:37 WIB
Seorang Guru di Jerman saat menerima Vaksin COVID-19 AstraZeneca pada hari Jumat, 5 Maret 2021.
Seorang Guru di Jerman saat menerima Vaksin COVID-19 AstraZeneca pada hari Jumat, 5 Maret 2021. /Twitter/@Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Jerman, Prancis dan Italia mengatakan pada hari Senin, 15 Maret 2021, bahwa mereka akan menangguhkan suntikan AstraZeneca COVID-19 setelah beberapa negara melaporkan kemungkinan efek samping yang serius, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan agar masyarakat tidak perlu panik.

Namun, keputusan tiga negara terbesar Uni Eropa (UE) tersebut dalam menangguhkan suntikan AstraZeneca telah membuat kampanye vaksinasi yang sudah berjuang di 27 negara UE itu menjadi kacau balau.

Denmark dan Norwegia berhenti memberikan suntikan minggu lalu setelah melaporkan kasus perdarahan yang terisolasi, pembekuan darah dan jumlah trombosit yang rendah. Islandia dan Bulgaria mengikuti dan Irlandia serta Belanda mengumumkan penangguhan pada Minggu.

Baca Juga: Jerman Menangguhkan Penggunaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Sebagai Upaya Pencegahan

Spanyol akan berhenti menggunakan vaksin setidaknya selama 15 hari, radio Cadena Ser melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Ilmuwan top WHO menegaskan pada hari Senin bahwa tidak ada kematian yang terdokumentasi terkait dengan vaksin COVID-19.

"Kami tidak ingin orang panik," kata Soumya Swaminathan pada konferensi media virtual, seraya menambahkan sejauh ini tidak ada hubungan antara apa yang disebut "peristiwa tromboemboli" yang dilaporkan di beberapa negara dan penembakan COVID-19.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pertemuan komite penasihat di AstraZeneca akan diadakan pada hari Selasa.

Baca Juga: EMA Masih Menyelidiki Efek Pembekuan Darah dari Penggunaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x