Presiden Jokowi Berharap SPAM Umbulan Pasuruan Manfaatnya Harus Dirasakan Masyarakat

- 22 Maret 2021, 18:57 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan SPAM Umbulan di Pasuruan Jawa Timur
Presiden Joko Widodo saat meresmikan SPAM Umbulan di Pasuruan Jawa Timur /Screenshoot Youtobe Kemensetneg/

PRIANGANTIMURNEWS – Presiden Jokowi mengingatkan pada pihak-pihak yang terkait dengan proyek kerjasama ini, harus memiliki tugas dan fungsi yang jelas agar SPAM yang telah diresmikan bisa beroperasi dengan maksimal.

Jokowi mengatakan bahwa pembangunan SPAM Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur ini memakan biaya Rp.2,056 triliun, biaya yang cukup besar. Sehingga, manfaat yang diberikan dari SPAM harus maksimal digunakan dan dirasakan oleh masyarakat.


Dilansir priangantimurnews.com dari Antara News yang diunggah pada Senin, 22 Maret 2021, Jokowi berharap proyek infrastruktur besar yang dibangun secara bertahun-tahun, dan memakan biaya yang cukup besar ini, mampu menghasilkan manfaat yang signifikan.

Baca Juga: Mau Belanja Barang Mewah Online, Berikut Situs Baru Belanja Fesyen Mewah

“Karena ini kalau tidak diselesaikan di lapangan, praktik yang saya alami, yang saya lihat, ada waduk yang gede banget, irigasi primernya sudah disiapkan tapi untuk sekunder dan tersiernya tidak ada,” kata Jokowi saat meresmikan SPAN Umbulan di Pasuruan Jawa Timur Senin 22 Maret 2021.

Perlu diketahui, SPAM Umbulan Pasuruan merupakan proyek SPAM Regional pertama yang dibangun oleh PUPR menggunakan skema KPBU, serta mampu memenuhi kebutuhan air 1,3 juta penduduk di Jawa Timur.


Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur dapat beroperasi dan dimanfaatkan oleh para masyarakat yang ada di tempat sekitar karena memiliki kapasitas yang tinggi.

Kapasitasnya juga besar, 4.000 liter per detik. Ini gede banget. Tadi saya tanyakan di lapangan yang baru berjalan itu 900 liter per detik, artinya masih ada 80 persen yang harus diselesaikan dari pipa utama sampai masuk ke pipa di rumah tangga.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Manfaatkan Teknologi untuk Digitalisasi Aksara Jawa

"Ini pekerjaan besarnya ada di situ. Oleh sebab itu, saya minta bupati dan wali kota yang akan teraliri air ini agar dengan Gubernur (Jawa Timur), dengan Menteri PUPR, dan juga manajemen PT Meta (Kontraktor SPAM Umbulan duduk bersama,” ujar Jokowi***

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah