Ini Enam Amanat Presiden Jokowi Dalam Munas V APKASI, Salah Satunya Harus Gunakan Produk Lokal

- 26 Maret 2021, 23:26 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada Munas V APKASI
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada Munas V APKASI /Youtobe Kemensetneg/

PRIANGANTIMURNEWS – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung, meskipun angka kasus per hari naik-turun setiap harinya.

Diungkapkan Presiden Joko Widodo saat mengawali sambutan saat musyawarah nasional V APKASI di Istana Negara pada Jumat, 26 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memberikan enam amanat untuk para bupati yang ada di daerah-daerah Indonesia, yaitu :

Baca Juga: Inilah Prediksi Posisi Gary Neville di Manchester United di Liga Inggris Musim Ini

1. konsolidasikan Anggaran secara terbuka
Anggaran yang ada di daerah berupa APBD sebaiknya digunakan untuk program-program yang diprioritaskan dan selalu cek secara mendetail. Jangan membelanjakan untuk keperluan setiap dinas.

Sebaiknya gunakan skala prioritas yang minimal 2 program yang akan diberikan dana secara keseluruhannya, seperti perbaikan jalan, infrastruktur, dan hal-hal yang berguna untuk kehidupan masyarakat.

2. Lakukan Perencanaan yang matang
Perencanaan adalah hal-hal yang akan dilakukan untuk lima tahun ke depan secara detail, apa manfaatnya bagi masyarakat.

Baca Juga: Tiga Dosa yang Tidak Akan Terampuni pada Malam Nisfu Sya’ban, Sebelum Taubat Nasuha

Seperti dilansir priangantimurnews dari Youtobe Kemensetneg RI secara live, perencanaan ini bisa diwujudkan dengan bersama-sama, baik secara manajemen. Di Indonesia sendiri, yang sering terjadi adalah miss manajemen, tidak adanya controlling yang baik. Sehingga, Perencanaan harus dibuat secara matang, jangan asal-asalan.

3. Penanganan Covid-19
Penanganan ini masih menjadi prioritas dalam pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. Para bupati harus mengetahui penyebaran Covid-19 di daerahnya dengan angka yang pasti bukan hanya tahu dari orang lain.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kemensetneg.ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah